Sabtu, 28 April 2012

Mrtode-metode pendekatan belajar cooperative learning




1.      Kepala bernomor
a.        Numbered heads together, (oleh spencer kagan 1992)
b.       Langkah-langkah
1)      Siswa dibagi kelompok
2)      Setiap siswa mendapat nomor
3)      Setiap siswa mendapat tugas
4)      Kelompok mendiskusikan jawaban
5)      Guru memanggil salah satu nomor untuk melaporkan hasil kerjasama kelompok
6)      Kesimpulan - penutup



2.      Mencari pasangan
a.       Make – match, (oleh lorna curran 1994
b.       Langkah-langkah
1)      Guru menyampaikan isi materi dan tujuan
2)      Siswa berpikir materi dari guru tsb
3)      Siswa diminta berpasangan masing-2 mengutarakan jawabannya
4)      Tiap kelompok/pasangan mengemukakan hasil diskusinya
5)      Materi bisa dikembangkan dari wawasan siswa
6)      Kesimpulan - penutup


3.       Jigsaw (model tim ahli)
a.       Oleh aronson, blaney, stephen, sikes & snapp 1978)
b.       Langkah-langkah
1)    Siswa dikelompokkan ( 4 orang )
2)    Setiap kelompok diberi materi yang berbeda
3)    Setiap siswa membaca tugas bagiannya
4)    Siswa dikelompokkan ke dalam (tim ahli) sesuai dengan nomor yang dia bilang/sebut
5)    Siswa kembali ke kelompok semula
6)    Secara bergantian mempresentasikan hasil jawaban  tim ahli kepada teman lainnya, semua anggota kelompok mencatat hasil
7)    Kesimpulan/klarifikasi – penguatan dari guru



4.       Examples non examples
                   a.      Langkah-langkah
1)      Guru menyiapkan gambar yang sesuai dengan tujuan
2)      Siswa diminta mengamati gambar
3)      Siswa dikelompokkan dan menganalisa gambar
4)      Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya
5)      Dimulai dari hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
6)      Kesimpulan



5.       Picture and picture
                  a.      Langkah-langkah
1)      Guru menyampaikan tujuan yg ingin dicapai
2)      Menyajikan materi sebagai pengantar
3)      Guru menunjukkan gambar-gambar
4)      Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang logis
5)      Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut
6)      Dari urutan tersebut guru menanamkan konsep
7)      Kesimpulan - rangkuman



6.       Bertukar pasangan
                   a.      Langkah-langkah
1)      Setiap siswa berpasangan
2)      Setiap pasangan diberi tugas dan mengerjakannya
3)      Setelah selesai, setiap pasangan bertukar dengan pasangan lainnya
4)      Pasangan baru berdiskusi saling menanyakan dan mengukuhkan jawabannya
5)      Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan disampaikan kepada pasangan semula
6)      Kesimpulan - penutup



7.       Group investigation
                   a.      Langkah-langkah
1)      Siswa dikelompokkan secara heterogen
2)      Guru menjelaskan tugas kelompok
3)      Guru memanggil ketua kelompok untuk menerima materi/tugas yang berbeda
4)      Masing-masing kelompok membahas tugas secara kooperatif
5)      Selesai berdiskusi, ketua menyampaikan hasil kelompok
6)      Guru memberikan kesimpulan
7)      Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...