Minggu, 06 Mei 2012

Kesehatan lingkungan



A.     Pencemaran/ polusi, dimana dalam suatu lingkungan mahluk hidup itu memiliki kadar sifat negatif yang akan mengganggu mahluk hidup di lingkungan tersebut.
B.     Macam dari polusi:
1.      Polusi udara, misalnya berupa gas carbon dioksida, carbon monoksida dan gas yang berbau menyengat. Disebabkan oleh asap babrik, asap kenalpot/kendaraan, pembakaran liar, dll. Penyakit yang akan ditimbulkan oleh pencemaran udara yaitu ISFA ( infeksi saluran pernapasan akut). Cara penanggulangannya bisadilakukan penghijauan atau reboisasi, bisa juga dengan menggunakan masker.
2.      Polusi tanah, dimana kadar kesuburan tanah telang mengurang altau telah tercampur dengan zat kimia yang bersifat negatif yang menyebabkan tanah menjadi tandus. Disebabkan oleh limbah pabrik, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dan berkelanjutan, pembuangan sampah non organik sembarangan, dll. Cara penanggulangannya yaitu dengan menggelola limbah pabrik secara benar, mendaur ulang sampah non-organik, dan menggunakan pupuk organik.
3.      Pencemaran air, dimana air telah tercampur dengan logam berat, zat kimia yang bersifat negatif yang akan membuat mahluk hidup dalam air tersebut mati. Disebabkan oleh limbah pabrik, limbah rumah tangga, penggunaan racun ikan yang berlebihan. Penyakit yang diakibatkan oleh air yang tercemar diantaranya adalah kulit gatal, keracunan logam. Penanggulangannya yaitu dengan pengolahan limbah baik limbah pabrik maupun limbah rumah tangga yaitu dengan membuat sapiteng untuk limbah rumah tangga).
4.      Polusi suara, yaitu ketidak nyamanan pendengar dalam mendengarkan suara di lingkungan sekitar atau mengganggu alat pendengaran yang akan menimbulkan efek hipertensi ( hubungan emosional dengan suara) misalnya tidak suka tetapi dipendam jadinya penyakit. penyebabnya yaitu suara gemuruh pabrik yang berkelanjutan, suara kendaraan, suara yang tidak seirama, suara tempat umum, mall, pasar, stasiun, terminal, dll. Penanggulangannya bagi para pendengar bisa menutup telinga dengan peredam suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...