Selasa, 08 Mei 2012

Model Pembelajaran baru



Hasil dari kuliah ICT kemaren yaitu kita diberikan sebuah model pembelajaran yang menurut saya menarik untuk diaplikasikan.
kegiatannya yaitu:
  1. Tahap awal seperti biasanya yaitu berdoa, guru mengabsensi, dan guru menyampaikan tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Langkah kedua yaitu guru membentuk kelompok, kemudian masing2 kelompok membuat yel-yelnya sendiri.
  3. Langkah kedia yaitu guru membagikan setiap kelompok 2 lembar kertas yang berisikan cerita dan terdapat gambar (waktu kuliah itu ceritanya berjudul setory of a river)
  4. Nah pada taha tahap ini siswa berperan aktif, yaitu guru menyuruh siswa menggarisbawahi poin-point penting (Keyword), dimana salah satu anggota siswa membaca keras kemudian anggota yang lain mencari dan menggarisbawahi kata kunci. guru juga menyuruh siswa untuk mencari persamaan kata pada kata tertentu yang terdapat dalam cerita tersebut. setelah itu guru mengkonfirmasi.
  5. Langkah kelima guru menjadi wartawan yang akan mewawancarai anak disekolah tersebut yang berhubungan dengan cerita tersebut, dimana anak menjadi tokoh dalam cerita tersebut ( catatan: siswa hanya boleh menjawab satu pertanyaan saja dari guru)
  6. Nah setelah kegiatan itu kemudian siswa disuruh baris dua bersaft, yang saling berhadapan dan menjadi malaikat yang baik dan jahat. guru pada kali ini berperan menjadi tokoh dalam cerita tersebut. kemudian baris pertama siswa suruh mengungkapkan kalimat yang menolak dan baris kedua siswa mengungkapkan kalimat yang mendukung (catatan: Jika dalam cerita misalnya seseorang yang akan pergi ke negeri jiran)
  7. Setelah selesai tahap diatas kemudian siswa disuruh mengucapkan satu kata saja kemudian diulang-ulang kemudian dilanjutkan dengan menambahkan kata tersebut dalam kalimat kemudian ucapkan berulang-ulang juga ( catatan: kata atau kalimat berhubungan dengan cerita)
  8. Selanjutnya iswa disuruh untuk memahami gambar dalam cerita tersebut, siswa disuruh mengucapkan satu kata yang berhubungan dengan gambar tersebut. setelah mengamati gambar dalam cerita.
  9. Nah dlam model ini guru memberikan tugas kepada wali murid untuk memahami gambar dalam cerita tersebut. tujuannya agar orang tua juga tahu proses pembelajaran anaknya, dan juga menjalin keakraban antaraoarang tua dengan gurur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...