the best

the best
Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Minggu, 29 Juli 2012

8 Jenis Batu


Di dalam bumi kita terdapat benda menyerupai cairan yang sangat panas dan berlapis-lapis dari inti sampai permikaan bumi. Jika keluar ke permukaan bumi akan memadat. Cairan itu disebut magma. Magma dapat keluar dari dalam perut bumi melalui letusan gunung berapi. Magma yang keluar dan mengalir disebut lava. Lava yang bercampur dengan benda-benda lain disebut lahar. dengan demikian Lava yang keluar dari gunung berapi akan membentuk macam - macam batuan :

1.      Batu basal, terbentuk dari lava yang membeku di dasar samudera dan menjadi batuan yang menjadi dasar samudera dengan ciri-ciri berwarna gelap dan berat. Batu ini termasuk kedalam batuan beku yang terjadi karena pembekuan cairan magma yang menjadi padat di dalam atau di permukaan bumi.

2.      Batu apung, terbentuk dari lava yang membeku dan mengeluarkan banyak gas, sehingga batuan tersebut mempunyai rongga-rongga. Batu ini juga termasuk kedalam batuan beku yang terjadi karena pembekuan cairan magma yang menjadi padat di dalam atau di permukaan bumi.

 3.      Batuan obsidian, terbentuk dari lava yang membeku dengan cepat. Mengkilap seperti kaca hitam. Sebaliknya adalah batu granit yang berbentuk kristal. Batu ini juga termasuk kedalam batuan beku yang terjadi karena pembekuan cairan magma yang menjadi padat di dalam atau di permukaan bumi.

 4.      Konglomerat, terbentuk dari kerikil yang terekat. Sedangkan  batu pasir terbentuk dari butir-butir pasir yang terekat dan tertekan oleh lapisan endapan di atasnya. Bebatuan ini termasuk ke dalam batuan sedimen (endapan), yaitu batuan yang terjadi karena pengendapan bahan-bahan batuan yang berasal dari kikisan batuan lain.

5.      Batu serpih, terbentuk dari geluh dan tanah liat yang tertekan. Bebatuan ini juga termasuk ke dalam batuan sedimen (endapan), yaitu batuan yang terjadi karena pengendapan bahan-bahan batuan yang berasal dari kikisan batuan lain.

 6.      Batu kapur, terbentuk dari cangkang serta kerangka hewan laut dan batu karang. batuan ini terbentuk dari sisa mahluk hidup yang telah lama mati. Bebatuan ini juga termasuk ke dalam batuan sedimen (endapan), yaitu batuan yang terjadi karena pengendapan bahan-bahan batuan yang berasal dari kikisan batuan lain.

7.      Batu marmer atau batu pualam, terbentuk dari batuan sedimen yang mengalami tekanan dan pengaruh panas bumi. yang tergolong dalam batuan metamorf, yakni batuan yang terjadi karena tekanan suhu yang tinggi dan kuat dalam waktu yang sangat lama.

8.      Batu tulis, terbentuk dari batu serpih yang lunak dan mengalami tekanan yang besar sehingga menjadi batu tulis yang keras. batu ini jua termasuk ke dalam batuan metamorf, yakni batuan yang terjadi karena tekanan suhu yang tinggi dan kuat dalam waktu yang sangat lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar