Penegrtian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.

Proses belajar mengajar merupakan sebuah kegiatan yang sekarang ini tidak hanya tranfer of knowledge melainkan proses cara anak belajar untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara mandiri dengan berbagaicara. dalam hal ini guru hanya berperan sebagai motivator, fasilitator, pembimbing dan menuntun jalannya proses pembelajaran.



Pendekatan, dapat diartikan sebagai cara memulai pembelajaran. Pendekatan mengacu pada seperangkat asumsi mengenai cara belajar mengajar. Pendekatan merupakan titik tolak dalam memandang sesuatu, suatu filsafat atau keyakinan yang tidak selalu mudah membuktikannya. Sehingga pendekatan bersifat aksiomatis( kebenaran tori yang digunakan tidak diragukan lagi). Jenis pendekatan itu sendiri ada dua yaitu pendekatan yang berpuasat pada siswa dan pendekatan berorientasi pada guru. Pendekatan dalam proses pembelajaran meliputi:
  1. Pendekatan saintifik
  2. Pendekatan berbasis masalah
  3. Pendekatan Quantum Teaching
  4. Pendekatan CBSA
  5. Pendekatan CTL
  6. Pendekatan Terpadu

Strategi sdalah suatu teknik yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Atau dengan kata lain strategi pembelajaran adalah cara yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu. Dick dan carey menyebutkan 5 komponen strategi pembelajaran yaitu:
  • Kegiatan pembelajaran
  • Penyajian informasi
  • Partisipasi siswa
  • Tes
  • Tindak lanjut

Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Komponen strategi pembelajaran:
  • Urutan kegiatan pembelajaran
  • Metode
  • Media
  • Dan waktu

Metode pembelajaran, bersifat prosedural. Adalah rencana pembelajaran yang mencakup, pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan diajarkan, serta kemungkinan pengadaan remidi dan bagaimana pengembangannya. Dengan katalain sebagai cara guru mencapai tujuan pembelajaran dari awal sampai akhir yang terdiri atas lima kegiatan pokok. Perlu diketahui bahwa yang mempengaruhi metode pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran. Macam metode pembelajaran:
  1. Ceramah
  2. Demonstrasi
  3. Diskusi
  4. Simulasi
  5. Laboraturium
  6. Pengalaman lapangan
  7. Brainstroming
  8. Debat
  9. Simposium dan sebagainya
  10. Mind Maping
  11. Story Telling
  12. TGT
  13. NHT
  14. CIRC
  15. Jigsaw
  16. Talking Stick
  17. Group Infestigation


Teknik pembelajaran, yang merupakan penjabaran dari metode pembelajaran. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik di kelas pada saat tatap muka dalam penyajian bahan ajar agar tercapai tujuan pelajaran yang diinginkan. Bersifat implementasional (pelaksanaan). Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran adalah:
  • Situasi kelas
  • Lingkungan
  • Kondisi siswa

Sedangak teknik pembelajaran terdiri dari teknik umum dan teknik khusus. Untuk teknik umum (dapat digunakan dalam semua mata pelajaran) yaitu:
  1. Teknik ceramah
  2. T. Tanya jawab
  3. T. Teknik diskusi
  4. T. Ramu pendapat
  5. T. Pemberian tugas
  6. T. Latian
  7. T. Ingkuiry
  8. T. Demonstrasi
  9. T. Simulasi
  10. T. Drilling
  11. T. Jarimatika
  12. Sempoa
Sedangkan untuk teknik khusus yaitu cara mengajarkan ahan-bahan pelajaran bidang studi tertentu.

Model pembelajaran, suatu perencanaan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Fungsinya adalah sebagai pedoman perancangan dan pelaksanaan pembelajaraan. Macam model pembelajaran:
  1. M. P. Kooperatif
  2. M. P. Kontekstual
  3. M. P Inkuiri
  4. M. P. Terpadu/ tematik
  5. M. Dengan pendekatan lingkungan
  6. M. Pengajaran langsung
  7. M. P. Kostruktivisme.
  8. M. P. Interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru