Senin, 14 Januari 2013

POPULASI DALAM PENELITIAN



Sumber dari: Rubino Rubiyanto, M.Pd.
Diposkan Oleh : Faisal Azmi Bakhtiar.
                                Popoulasi, secara umum populasi adalah luas daerah atau wilayah tempat penelitian. Menurut sugiono (2008:117) bahwa populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek, demikian pula kharakteristik dari obyek atau subjek tersebut. Misalnya, meningkatkan keberanian bertanyamelalui motivasi dan pujian murid SD Muhammadiyah Kartosura 1. Populasinya adalah SD Muhammadiyah Kartosura 1. Menurut Sukardi (2007:119) populasi dapat dibedakan ke dalam:
a.  Populasi homogen, yakni populasi yang unsur-unsurnya memiliki sifat yang relatif sama, sehingga tidak perlu dipersoalkan berapa banyak sempel yang harus diambil. Ex: peneliti kebersihan air sumur tidak perlu mengambil satu terk air untuk diteliti tapi cukup satu botol saja. Karena air dalam sumur tingkat homogenitasnya tinggi.
b. Populasi heterogen, populasi yang memiliki unsur sangat berfariasi, sehingga perlu ditetapkan batasan-batasannya baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian di bidang sosial yang objeknya gejala kehidupan diperlukan batasan populasi yang teliti dan cermat, di samping jumlah populasi yang besar akan sangat berarti dalam analisis datanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...