Minggu, 10 Februari 2013

CIPANAS PAKU JATI






OBJEK WISATA TIRTA HUSADA BREBES merupakan objek wisata mata air panas yang terletak di Paku Jati Paguyangan kabupaten Brebes. Tempat yang sangat nyeman jika didatangi pada pagi dan sore hari ini menyajikan pemandangan di kaki pegunungan yang sangat indah. Fasiitas yang diberikan objek wisata ini berupa 2 kolam renang air panas yang dalam dan dangkal. Satu tempat kamar mandi VIP, tempat parkiran, taman tempat peristirahatan, 4 kamar ganti, dan kurang ebih ada sekitar 7 kamar mandi untuk berbilas, beberapa ruang tunggu dan mushola.


Walaupun objek wisata ini termasuk objek wisata kecil namun tidak sepi pengunjung ini dikarenakan air panas yang mengandung sedikit belerang ini memberikan kesegaran yang tiadaduanya. Untuk masuk objek wisata ini cukup mengeluarkan uang sebesar 2500 saja sudah termasuk bebas bayar parkir kendaraan, kamar ganti, WC, dan kamar bilas. Terdapat peraturan di kolam renang diantaranya yaitu tidak boleh menggunakan shampo atau sabun dalam kolam renang. Sedangkan peraturan di kamar bilas yaitu:
1.      Mandi paling lama 15 menit karena air mengandung belerang jadi berbahaya jika terlalu lama.
2.      Pria dan wanita dilarang mandi bersama.
3.      Barang yang tertinggal ataupun hilang menjadi tanggung jawab pengunjung, jadi harus hati-hati dalam menaruh atau menyimpan barang.
4.      Tidak boleh mencorat-coret di dinding tembok.
5.      Buanglah sampah di tempat yang disediakan.
6.      Mintalah karcis tanda masuk pada petugas.
Di tempat ini terdapat sumberan air yang mampu mendidihkan telor jika dimasukkan kedalam air tersebut. Air yang panas ini terkadang beraroma tidak sedap. Aroma tidak sedap itu mungkin berasal dari belerang namun di tempat ini hanya sedikit kandungan belerang yang ada. ternyata dari hasil observasi menunjukan bahawa suberan air panas ini tidak hanya terdapat di objek wisata tersebut. Sumur para warga yang tinggal di daerah tersebut juga airnya tidak dingin tetapi hangat. Jika berkunjung di daerah Paguyangan-Bumiayu jangan lupa pagi atau sore disempatkan untuk mandi di tempat ini. Dijamin akan mendapatkan kepuasan dan kenikmatan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...