Selasa, 12 Maret 2013

MEDIA MENGAJAR


menurut Rowntree (1974)

1.  Interaksi insani, media ini merupakan komunikasi langsung antara dua orang atau lebih. Dalam komunikasi tersebut kehadiran sesuatu pihak secara sadar atau tidak sadar mempengaruhi perilaku yang lainnya.
2.   Realita, realita merupakan bentuk perangsang nyata seperti orang-orang, binatang, benda, peristiwa, dsb. Dalam hal ini, bentuk perangsang hanya menjadi objek pengamatan/studi siswa.
3.   Pictorial, media ini menunjukkan penyajian berbagai bentuk variasi gambar atau diagram nyata atau simbol, bergerak atau tidak, dibuat di atas kertas, film, kaset, disket, dsb nya. (sifatnya bervariasi).
4.      Simbol Tertulis, media ini merupakan media penyajian informasi yang paling umum, tetapi tetap efektif. Bentuknya berupa buku teks, buku paket, modul, dll. Dalam penulisan simbol-simbol biasanya dilengkapi dengan media pictorial.
5.   Rekaman Suara, berbagai bentuk informasi dapat disampaikan kepada anak dalam bentuk rekaman suara. Rekaman suara disajikan secara tersendiri atau digabung dengan media pictorial. Namun demikian, penggunaan rekaman suara tanpa gambar dalam pengajaran bahasa cukup efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...