Minggu, 02 Juni 2013

Kuliah Umum




Pada hari jum'at tanggal 31 mei 2013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS mengadakan kegiatan rutin tiap tahun yaitu Kuliah Umum. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diwajibkan bagi siswa semester 6 program studi PGSD. Acara ini dilaksanakan di kampus satu tepatnya di gedung C lantai 4 FKIP UMS.
Acara yang bertemakan "Diagnosa Permasalahan Psikologi pada Guru dan Siswa di Sekolah Dasar" berlangsung sangat meriah dan penuh semangat. Pembicara yang mengisi acara kuliah umum ini bernama Lizda Farkhani, S.Psi. Psi. sedangkan materi dari acara ini yanitu tentang bagaimana seorang guru mampu menyelesaikan permasyalahan yang dialami oleh peserta didik dengan mendiagnosa permasalahan psikologi yang ada pada peserta didik. Pembicara di acara ini memberikan materi dan beberapa nasehat sekaligus berbagi pengalaman kepada mahasiswa semester enam sebagai bekal nanti ketika melaksanakan PPL ataupun jika sudah menjadi guru. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru diantaranya adalah:
  1. Jangan menegur siswa dengan memanggil dan memberi nasehat dengan jarak jauh.
  2. Menjadi guru yang baik adalah guru yang mengambil tanganya, membuka pikirannya, dan menyentuh hatinya siswa.
  3. Guru yang baik adalah guru yang mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa salahsatunya adalah dengan berdoa kepada tuhan yang maha esa, karena guru itu bukan malaikat ataupun tuhan.
  4. Guru yang baik harus memperhatikan tata ruang kamar belajar siswa dengan bekerja sama bersama orang tua.
Pesan dari penulis adalah: Orang yang memiliki pengetahuan yang banyak tidak selalu menjadi guru yang baik. tetapi orang yang memiliki keteramilan mengajar akan selalu menjadi guru yang baik walaupun tidak memiliki pengetahuan yang banyak. Jadi bagi seorang guru harus memiliki keterampilan mengajar yang baik agar ilmu dan pengetahuan dapat tersampaikan kepada siswa. Pengetahuan yang banyak akan percuma jika disampaikan dengan ketrampilan mengajar yang buruk. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...