Minggu, 02 Juni 2013

PIMPEL PGSD





Kamis, 16 Mei 2013 Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan kegiatan yang bernama pekan ilmiah mahasiswa dan pelajar (pimpel). Kegiatan ini berisikan tentang lomba alat peraga se-jateng dan DIY dengan tema "bersinergi, ciptakan inovasi, raih prestasi". Berlangsung selama 2 hari ini diawali dengan perlombaan alat peraga sd dan lomba 5 mata pelajaran sekolah dasar. Juri dari kegiatan lomba ini adalah Dr. suharto M.Pd. merupakan dosen PPs TP UNS, dan Ibu Nur Amalia M.Teach merupakan dosen program dtudi PGSD.

Acara pimpel disambut dan dibuka oleh ketua program studi PGSD FKIP UMS yaitu Bapak Drs. H Saring Marsudi, S.H., M.Pd. dan disambut dengan sangat meriah oleh peserta mahasiswa yang datang dari bebagai Universitas.   Setelah sambutan dan pembukaan berlangsung kegiatan ini dilanjutkan dengan pembuatan alat peraga dengan diberi waktu maksimal satu jam. Setiap kelompok perwakilan dari berbagai universitas membuat satu  alat peraga yang ramah lingkungan, sangat efektif dan efisien.

Alat peraga yang dibuat sangat beragam dan peserta mahasiswa sangat antusias untuk menunjukan kekereatifitasannya dalam perlombaan ini. Setelah satu jam berlalu alat peraga yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok peserta selanjutnya akan dipresentasikan di depan peserta yang lain. Acara selanjutnya adalah pengumuman yang mendapatkan juara atas penilaian berdasarkan alat peraga yang dibuat oleh kedua juri PIMPEL.

 Juara satu dari kegiatan ini yaitu dari UNS (Universitas Sebelas Maret), juara dua dari UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan juara tiga dari UNS (Universitas Sebelas Maret). Bagi yg juara akan mempresebtasikan alat peraganya di lompa 5 mata pelajaran yang diadakan pada tgl 17 mei 2013 dimana peserta dari asara tersebut adalah anak Sekolah Dasar.

Acara pmpel dilanjutkan apada hari Jum’at, 17 Mei 2013 di Auditorium Mohamad Djazman. Acara yang kedua ini adalah lomba lima mata pelajaran dimana pesertanya adalah dari sekolah dasar Se Eks-Karesidenan Surakarta. Kegiatan ini termasuk kegiatan yang berlangsung sukses karena peserta lomba ini yaitu sekitar 115 lebih siswa dari berbagai sekolah. Siswa sekolah dasar dalam perlombaan ini harus mengerjakan 75 soal yang bersifat tertutup. Kegiatan yang bertemakan bersinergi, ciptakan inovasi, raih prestasi ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...