KURIKULUM





1.      Kurikulum :
a.       Pengertian kuriklum seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Acuan pengembangan kurikulumà permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi dan permendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan
b.      Dimensi kurikulum:
1)      Kurikulum sbg Substansi à kurikulum sebagai rencana kegiatan belajar bagi siswa di sekolah atau perangkat tujuan yang ingin dicapai.
2)      Kurikulum sbg sistem à kurikulum sbg bagian dari sistem sekolah, sistem pendidikan & sistem masyarakat
3)      Bidang studi à bidang studi kurikulum
c.       Pengertian, perbedaan, dan persamaan kurikulum 2004/2006/KTSP dengan 2013:
1)      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkan dan memperhatikan UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36. Terdiri dari tujuan pendidikan TSP, struktur dan muatan kurikulum TSP, kalender pendidikan, dan silabus.           
2)      Tujuan KTSP adalah Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif.
3)      Karakteristik KTSP
a)      Desentralisasi  sisitem pendidikan
b)      Penetapan sk/ kD oleh pusat
c)      Guru mngembangkan sesuai kondisi sekolah
d)     Hasil belajar pada proses
e)      Penilaian dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik
f)       Materi ditentukan oleh sekolah
4)      Kurikulum 2004 atau KBK, Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi memfokuskan pada kompetensi tertentu, berupa paduan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat didemostrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang dipelajari. Pendidikan yang menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan.
5)      Prinsip Kurikulum 2004 atau KBK yaitu siswa dituntut utk belajar dan mengetahui apa yang dipelajari kemudian mengaplikasikannya, Berbasis SK, KD; Bertolak dari kompetensi lulusan, Aspek belajar secara utuh menyeluruh; Tuntas belajar.
6)      Perbedaan KBK dan KTSP
a)      Penamaan
·         Kurikulum 2004/KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
·         Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
b)      Manajemen
·         KBK, ujicoba, pemodelan dan MBS dilakukan oleh pusat (Direktiorat dan Balitbang)
·         KTSP, BSNP sebagai penyusun Standar Isi (Kerangka Dasar, Stuktur kurikulum) sekolah mengembangkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan
c)      Kerangka dasar dan struktur kurikulum
·         KBK, memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok
·         KTSP, memuat kelompok mata pelajaran, struktur kurikulum tiap jenjang, standar kompetensi dan kompotensi dasar
d)     Pembelajaran
·         KBK, berbasis kompetensi, guru sebagai fasilitator
·         KTSP,berorientasi  kompetensi, siswa sebagai pusat pembelajar
e)      Pelaksanaan
·         KBK, Diberikan model-model (model silabus, . model pembelajaean, model penilaian)  dalam dokumen lengkap yang disusun pusat sebagai acuan/pedoman.
·         Sekolah dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan Kerangka dasar kurikulum, Standar kompetensi, di bawah supervisi dinas kab/kota (SD/MI, SMP/MTs, PAKET A & B), dan/atau dinas provinsi (SMA, SMK, PLB, PAKET C).
7)      Kurikulum 1994 bersifat populis, yaitu yang memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia. Kurikulum ini bersifat kurikulum inti sehingga daerah yang khusus dapat mengembangkan pengajaran sendiri disesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar.
8)      Karakteristik kurikulum 2013
a)      Adanya keseimbangan sikap sosial dan spiritual
b)      Adanya keeratan hub masyarakat dan sekolah
c)      mengembangkan  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
d)     Dinyatakan dalam kompetensi  inti  kelas  yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru