Anak Sekarang dan Dulu





Bagaikan bumi dan langit, sungguh sangat berbeda bagi anak-anak yang masa kecilnya berkisar tahun 1990 - 2005 dengan 2000 - 2014. jika kita fahami secara ditail kegiatan apa saja yang dialami anak-anak jaman sekarng, kemudian kita bandingkan dengan anak-anak yang lahir tahun 1990an, akan ada perbedaan yang sangat besar.

Tahun 1990 -2005,
  1. Sungai yang jernih, anak-anak sering mandi bersama di sungai secara sembunyi-sembunyi karena orang tua melarangnya.
  2. Masih terkenang sampai sekarang, yaitu permainan dingdong yang menggunakan uang 100 besar sangat berat di supermarket atau tempat dingdong.
  3. Nonton kartun pokemon sama digimon di hari minggu sampai ngoleksi tajosnya setiap membeli jajan citatos. lalu bermain bersama teman-teman.
  4. Setiap hari libur atau pulang sekolah, bermain gambar, tajos, petak umpet, cincotan, gobagsodor, dll. sering kita lakukan.
  5. mencari ikan, belut, dan membuat gubug, adalah hal yang menarik sayang kami lakukan bersama teman-teman, pada masa itu, tidur di dalam gubug buatan sendiri yang terbuat dari dedaunan dan beberapa bambu di sebelah rumah, merasa inilah tempat ternyaman. 
  6. Di sekolah saat itu sangat terkenal dengan lote yang jika beruntung mendapatkan mainan yang bagus. dan plendungan dari jel yang jika bolong balonnya di tambal terus.
  7. Di sekolah juga saat itu terkenal banget permen karet yang membuat anak-anak berlomba-lomba mengumpulkan nama "Y"O"S"A"N", tapi kenapa selama ini belum pernah nemuin huruf "N"nya. mungkin pabriknya lupa.
  8.  Masih di sekolah, pernahkah anda mendengarkan isu-isu mengenai pulpen yang mengandung narkoba?, baunya sangat wangi dan bentuknya sangat menarik.
  9. Dahulu, satu-satunya mainan anak yang berteknologi tinggi adalah gimbot, yang sekarang harganya tidak kurang dari 10.000 rupiah. bentuknya besar, permainannya banyak, layarnya itrm abu-abu.
  10. Tapi bagi orang yang keluarganya kelas menegah keatas permainannya adalah permainan nitendo yang agak berwarna dan sangat menantang.
  11. Permainan menarik lainnya di masa itu adalah, permainan balam mobil tamiya, sampai ditempatku ada sumpermarket yang menyediakan lintasannya dan mengadakan perlombaan. sekarang supermarketnya sudah digusur. kebanyakan anak menyebutnya tamiya tapi sebenarnya mobil yang dimiliki mereknya "auldy" yang murah. berlomba-lomba anak-anak memodifikasi.
  12. Setelah tamiya, lalu datanglah permainan beyblade, yeah sebuah gangsing berteknologi tinggi yang lintasannya di wajan tempat ibu buat sayur-sayuran. 
  13. Selanjutnya datanglah permainan teknologi tinggi yang enurut saya yang terakhir sebelum mobil remote tenar kembali, yaitu sebuah mobil yang saya lupa namanya, itu deskripsinya dia bisa jalan dan didepannya ada senjatanya, cara mainnya adalah dengan mengadu atau menabrakkan antara mobil yang satu dengan mobil yang lain, apa itu namanya lupa. ada kata ger-gernya.
  14. Setiap mala minggu jalan-jalan di pagi hari bersama teman-teman, mencari kadal bari atau kumbang bercula. sebagian mencari cewe cantik.
  15. membuat ketapel, dan panah, dari kayu dan bambu untuk mencari burung, atau hewan sejenisnya,
  16. Membuat jetoran dari bambua kecil dengan koran basah.
  17. Membuat bledugan dari bambu besar dengan air dan karbit.
  18. Bemain ptasan pada asat puasa tiba, namanya mercon cengis, mercon korek, mercon leo, mercon korek, mercon banting, mercon tawon, mercon, kampret, mercon mblecis, dll.
  19.  Lagu-lagunyapun wah sangat enak-enak, saya suka lagunya sulis, terus josua, trio kuek-kuek, marsanda, tasya, dll. lupa ane.
  20. Masih banyak lagi yang saya lupa. mungkin yang membaca ini ada yang inget, masalalunya?
Tahun 2000 sampai sekarng, 
  1. Nonton Televisi, sinetron, spongboob, dan kartun lainnya.
  2. Maen komputer di warnet.
  3. Maen playstation di rentalan.
  4. Buat akun facebook, dengan memanipulasi umur.
  5. SMSan dengan teman sekelas atau tetangga sebelah.
  6. narsis-narsisan di handphone.
  7. yah paling itu-itu doang.
  8. motor-motoran.
  9. Goyang dangdut.
  10. lagunya dangdut, kalo ngga girl atau boy band, rege atau percintaan.
Sungguh ada perbedaan yang sangat banyak. perkembangan teknologi membuat anak jaman sekrang terenggut aktifitasnya. mulai dari sosial, kreatifitas, kecakapan gerak, dan pemahaman tenang lingkungan alam. semuany sangat kurang pada anak-anak jaman sekarang. Sebagai orang tua sangat wajar jika harus membatasi anak dalam hal teknologi. mulailah kembali kemasa lalu sebagai anak yang kreatif, inovatif dan bercakap tinggi.


Ini saya ambil refrensi dari PhreakerNewbieCommunity yang memiliki pendapat agak sama, ayo lihat di bawah ini:

  1. Anak-anak dulu cuma bisa pegang dan hisap PERMEN berbentuk ROKOK, Anak-anak sekarang sudah hebat pegang dan hisap ROKOK
  2. Anak-anak dulu takut sama yang namanya JARUM SUNTIK, Anak-anak sekarang sudah bisa NYUNTIK sendiri (NARKOBA)
  3. Anak-anak dulu pintar menyanyikan LAGU ANAK-ANAK, Anak-anak sekarang lebih memilih menyayikan LAGU PERCINTAAN
  4. Anak-anak dulu cuma nonton film UNYIL, Anak-anak sekarang tontonannya film SINETRON YANG TIDAK MENDIDIK
  5. Anak-anak dulu NONTON BF ngumpet-ngumpet ­, Anak-anak sekarang terang-terangan ­ BIKIN FILM BF
  6. Anak-anak dulu sangat TABU MEMBICARAKAN SEKS, Anak-anak sekarang sangat HEBAT MELAKUKAN SEKS
  7. Anak-anak dulu MENGERTI ARTI PACARAN saat minimal SMP kelas 1, Anak-anak sekarang SUDAH BISA PACARAN sejak SD kelas 1
  8. Anak-anak dulu menjadikan anak cewek sebagai TEMAN SEPERMAINAN, Anak-anak sekarang menjadikan anak ceweksebagai KORBAN (PEMERKOSAAN)
  9. Anak-anak dulu habis berkelahi kemudian BERDAMAI, Anak-anak sekarang habis berkelahi kemudian MEMBUNUH
  10. Anak-anak dulu TAKUT sama GURU, Anak-anak sekarang di TAKUTI sama GURU
  11. Anak-anak dulu cuma bisa DIAM ketika dimarahi orang tuanya, Anak-anak sekarang TAK SEGAN MENGANIYAYA bila dimarahi orang tuanya
  12. Anak-anak dulu hanya GIGIT JARI bila permintaannya tidak dipenuhi, Anak-anak sekarang akan MENGAMUK bila permintaannya tidak terpenuhi
  13. Anak-anak dulu AKAN MENGADU kepada orang tua bila ada MASALAH BERAT, Anak-anak sekarang MEMILIH JALAN PINTAS / BUNUH DIRI hanya karena MASALAH KECIL
  14. Anak-anak dulu SUKA MALU-MALU, Anak-anak sekarang TIDAK TAHU MALU, BIKIN MALU, dan MALU-MALUIN
  15. Anak-anak dulu MENERIMA biladikasih baju MODEL apa aja dari ortu, Anak-anak sekarang SUKA MENGKRITIK model baju yang ortu kasih
  16. Anak-anak dulu selalu mengucapkan TERIMA KASIH bila diberi sesuatu, Anak-anak sekarang TIDAK TAHU TERIMA KASIH terhadap apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru