8 Hewan Sangat Unik


Berikut merupakan hewan yang sangat unik dan menarik untuk diketahui

1. Platypus Mamalia Bertelur

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Binatang ini Mammalia tapi bertelur (mayoritas Mammalia beranak seperti anjing, kucing, beruang, dan sebagainya). Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput. Seperti halnya kangguru dan koala, platipus menjadi simbol fauna Australia dan dapat ditemui di koin 20 sen Australia.

2. Hiu Gergaji

Hiu gergaji (Pristis microdon) adalah ikan yang hidup di Danau Sentani. Hiu gergaji juga populer dengan nama pari atau hiu sentani karena memang endemik di Danau Sentani, Papua. Orang barat menyebutnya Largetooth Jawfish yang berarti ikan hiu bergigi besar. Ikan ini termasuk ikan air tawar dan berkembak biak dengan cara ovovivipar.

Walaupun penampilan hiu gergaji cukup mengerikan, namun bukan berarti ikan ini menjadi penguasa di Danau Sentani. Fakta di lapangan menunjukkan populasi anggota famili Pristidae yang bernama Latin Pristis Microdon ini terus menyusut. Ikan yang menyebar di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand ini tergolong penghuni air tawar dan menyukai daerah tropis. Biasanya mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu. Di Indonesia ikan hiu gergaji terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih

3. Possum mamalia hewan terkecil didunia


The possum kerdil adalah keluarga possum kecil yang secara bersama membentuk hewan berkantung keluarga Burramyidae. Kelima spesies yang tersisa dari pygmy possum dikelompokkan menjadi dua genus. Empat spesies endemik Australia, dengan satu spesies juga tinggal di Papua New Guinea dan Indonesia.

Pygmy possum panjang berkisar dari sekitar 5 sampai 12 cm (2,0-4,7 in), dan biasanya memiliki berat badan antara 10 dan 50 gram (0.35 dan 1.76 oz). Mereka aktif di malam hari dan omnivora, hidup pada diet dari invertebrata, buah, biji, nektar dan serbuk sari. Mereka adalah pendaki yang sangat baik, sebagian karena ekor dpt memegang mereka. Meskipun mereka tidak dapat meluncur seperti beberapa spesies lain dari possum, beberapa spesies mampu melompat jarak jauh.

Konservasi internasional (CI) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaporkan kemungkinan penemuan spesies baru Cercartetus pygmy possum pada kunjungan ke Pegunungan Foja pada bulan Juni 2007.

4. Narwhal Unicorn Of the Sea
The narwhal, atau narwhale (Monodon monoceros), adalah paus bergigi berukuran sedang dan memiliki besar "taring" dari gigi taring yang menonjol. Ia hidup sepanjang tahun di perairan Kutub Utara sekitar Greenland, Kanada, dan Rusia. Ini adalah salah satu dari dua spesies yang hidup dari paus dalam keluarga Monodontidae, bersama dengan ikan paus beluga. Jantan narwhal dibedakan oleh, lurus, gading heliks panjang, yang merupakan taring kiri memanjang atas. Narwhal adalah salah satu dari banyak jenis yang telah diidentifikasi oleh Carolus Linnaeus dalam publikasi Systema Naturae tahun 1758.

5. Kumbang Badak

Kumbang badak jepang (Trypoxylus dichotomus) adalah salah satu spesies kumbang badak dari genus Trypoxylus keluarga Scarabaeidae. Serangga ini berasal Jepang, Korea, Taiwan, dan Cina. Orang Jepang menyebutnya kabutomushi (カブトムシ serangga kabuto?) karena imago jantan memiliki sebuah antena berbentuk seperti tanduk di bagian kepala seperti halnya kabuto. Dalam bahasa Inggris, kumbang ini disebut rhinoceros beetle (kumbang badak) karena antena yang dikatakan mirip tanduk badak.

Stadium imago berlangsung pada musim panas. Anak-anak Jepang senang bermain dengan imago serangga ini. Dua ekor kumbang badak jepang jantan diadu bergulat sumo hingga salah satunya terlontar, terdorong, atau melarikan diri dari arena. Di Jepang, kumbang ini ditangkap atau dibeli untuk dipelihara sebagai hewan timangan atau diternakkan. Kumbang badak betina berharga murah karena tidak memiliki antena.

6. Nautilus Hewan Purba

Nautilus (dari bahasa Yunani: ναυτίλος, pelaut) ialah nama umum bagi sejumlah spesies moluska laut yang masuk dalah famili Nautilidae. Walaupun bercangkang, Nautilus masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan yang bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3 dan 30 cm diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu dengan bentuk yang tidak banyak berubah, sehingga dianggap fosil hidup.

7. Mega Bats

Megabats merupakan subordo Megachiroptera, keluarga Pteropodidae pesanan Chiroptera (kelelawar). Mereka juga disebut kalong, kalong dunia lama, atau, terutama genera Acerodon dan Pteropus, rubah terbang.
Megabats, namun bertentangan dengan nama mereka, tidak selalu besar; spesies terkecil adalah 6 cm (2,4 in) panjang dan dengan demikian lebih kecil dari beberapa microbats. terbesar mencapai lebar sayap 1,7 m (5.6 ft), yang berbobot hingga 1,6 kg (3,5 lb). Kebanyakan kalong memiliki mata yang besar, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri secara visual di senja dan di dalam gua-gua dan hutan.

Indra penciuman mereka sangat baik. Berbeda dengan microbats, kelelawar buah tidak menggunakan echolocation (dengan satu pengecualian, kelelawar buah Mesir Rousettus egyptiacus, yang menggunakan lidah bernada tinggi mengklik untuk menavigasi di gua-gua).

8. Gurita Selimut

Tremoctopus adalah genus dari cumi pelagis, yang berisi empat spesies yang menempati permukaan sampai pertengahan perairan di lautan subtropis dan tropis. Mereka umumnya dikenal sebagai gurita selimut, mengacu pada jaring transparan panjang yang menghubungkan dorsal dan dorsolateral lengan betina dewasa. Lengan lainnya jauh lebih pendek dan kurang anyaman.

Spesies ini menunjukkan tingkat ekstrim dimorfisme seksual. Betina bisa mencapai 2 meter (6,6 kaki) panjang, sedangkan laki-laki kecil yang paling banyak beberapa sentimeter panjang. Jantan memiliki lengan kanan ketiga dimodifikasi khusus yang menyimpan sperma, yang dikenal sebagai hectocotylus a. Selama kawin, lengan ini melepaskan diri dan merangkak ke dalam mantel betina untuk membuahi telurnya. Laki-laki meninggal tak lama setelah kawin. Betina membawa lebih dari 100.000 telur kecil yang melekat pada sekresi berkapur sosis berbentuk diadakan di dasar lengan punggung dan dibawa oleh betina sampai menetas.

Gurita Blanket kebal terhadap beracun Portugis man o 'perang, yang tentakel laki-laki dan perempuan dewasa merobek dan digunakan untuk tujuan defensif. Seperti banyak gurita lainnya, gurita selimut menggunakan tinta untuk mengintimidasi predator potensial. Juga , ketika terancam, betina unfurls seperti jaring membran nya besar yang menyebar dan mengepul di dalam air, sangat meningkatkan ukuran nyata nya.

Sumber:
Wikipedia

2 komentar:

  1. Get all the best spirits and wines at Duty Free Depot!

    All the highest quality brand name beverages for unbelievable discounted prices.

    BalasHapus
  2. New Diet Taps into Pioneering Plan to Help Dieters Lose 20 Pounds in Just 21 Days!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru