Kamis, 11 September 2014

Gunung Slamet Status Siaga

Gunung selamet kembali mengeluarkan dentuman besar sekitar 15 kali. Terdengar lebih dari 140 km selama satu hari yang dimulai pada malam hari pukul 23.00 - sampai 15.30. Setatus sekarang untuk gunung slamet adalah siaga.


 10-9-2014 terjadi letusan hebat dengan dentuman sampai terdengan di kecamatan bumiayu kabupaten brebes. dentuman gunung selamet terjadi pada pukul 23.00 sampai 00.30 dengan jumlah menjapai 5 kali dentuman. pada keesokan harinya pukul 11.30 - 15.30 terjadi dentuman lebih dari 10 kali dengan jarak waktu sekitar 1/2 jam mampu terdengar sampai jarak kira-kira lebih dari 140 km dengan suara yang cukup keras mampu menggetarkan kaca jendela.


Pemandangan yang munjul jika dilihat dari kecamatan bumiayu kabupaten brebes yang jaraknya kira-kira 140 km itu terlihat di ujung gunung terdapat percikan kembang api sedangkan di malam harinya awan membumbung tinggi keluar dari ujung gunung selamet. Pada tahun 2014 ini gunung selamet memang sedang unjuk kemampuan, pasalnya status yang diberikan sekarang ini sudah mencapai siaga. 
Jika dibandingkan dengan gunung-gunung aktif yang lain gunung selamet seharusnya masih termasuk gunung yang kecil. Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto. 

Sumber:
http://news.liputan6.com/read/2043823/aktivitas-meningkat-status-gunung-slamet-naik-jadi-siaga
http://analisadaily.com/news/read/aktivitas-vulkanik-gunung-slamet/27212/2014/05/05
http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Slamet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...