Guru yang kreatif, profesional, dan baik

Guru dalam arti bahasa jawa adalah digugu lan ditiru. Pengartian tersebut dimaksudkan agar siswa menjadi pribadi yang sesuai dengan keinginan guru yaitu menjadi manusia yang memiliki agama dan berkarakter baik. Guru merupakan sebuah pejuang yang melawan virus lingkungan yang membodohkan siswa. Sangat lah wajar jika banyak yang mengatakan bahwa guru yang benar-benar baik adalah para penghuni surga.

 

Di jaman sekarang ini guru selain dituntut untuk memiliki kemampuaan mendidiknya juga harus dibekali dengan kemampuan sepesial yang lain. Guru yang profesional bukan hanya mengetahui semua teori tentang profesional guru saja melainkan dalam pengaplikasiannya guru juga harus faham betul. Untuk mengaplikasikan teori yang ada guru mau tidak mau harus kreatif agar teori dapat tersampaikan dengan sempurna.

Dalam website edukasi.kompasina.com menyebutkan ada 7 ciri-ciri guru kreatif. Untuk mengetahui kreatif dan tidaknya seorang guru. Di bawah ini akan di jelaskan beberapa ciri-ciri guru kreatif
  1. Mampu menciptakan ide baru, yaitu dalam proses pembelajaran guru dituntut kreatif agar suasana pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Guru harus bisa menemukan ide-ide baru yang mampu membawa proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
  2. Tampil beda, yaitu guru yang berani untuk tampil beda dengan guru-hur lain. Maksud dari tampil beda ini lebih ke ciri khas dalam proses pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
  3. Fleksibel, Guru yang kreatif adalah fleksibel , tidak kaku tapi tetap punya prinsip. Mereka memiliki kemampuan memahami para siswa dengan lebih baik, memahami karakter siswa, memahami gaya belajar siswa dan tentunya memahami apa yang diharapkan oleh siswa. Tapi mereka tidak lembek, mereka tetap tegas dalam mengambil keputusan dan menjalankannya.
  4. Mudah bergaul, Guru yang kreatif adalah guru yang mudah bergaul dengan para siswa. hal ini harus ditunjukkan dengan sikap profesional guru saat berada di kelas dan pada saat di rumah atau di luar kelas. Guru tidak boleh terlalu jaga gengsi, karena hal ini akan membuat siswa enggan mendekati kita. Bersikaplah biasa-biasa saja, tidak terlalu jaga gengsi dan tidak terlalu bebas. Sebisa mungkin tempatkanlah siswa di hati kita sebagai teman dan sahabat dengan begitu, siswa akan merasa bahwa kita itu lebih bersahabat.
  5. Menyenangkan, Siapapun orang pasti suka dengan orang yang menyenangkan, termasuk siswa pasif akan lebih suka dengan guru yang menyenangkan dari pada guru yang menyeramkan. Guru kreatif adalah guru yang menyenangkan dan memiliki selera humor yang baik. Biasanya juga mereka menggunakan humornya secara proposi tidak berlebihan dan tidak kurang. Pembelajaran yang terlalu tegang juga tidak akan menyenangkan, tapi terlalu banyak humornya juga tidak akan efektif.
  6. Suka melakukan eksperimen, Guru kreatif pasti suka melakukan eksperimen atau uji coba. Entah itu uji coba metode pembelajaran atau uji coba hal yang lain. Intinya uji coba ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi seorang gur.
  7. Cekatan, Guru kreatif bekerja dengan cekatan agar dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Ia tidak suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Setiap masalah yang di hadapi akan di selesaikan secepatnya dengan baik 
 
 Dalam website Matrapendidikan.com juga menyebutkan ada 15 ciri-ciri guru kreatif. Berdasarkan hal tersebut, guru juga memiliki kreativitas tertentu dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Berikut ini 15 ciri guru kreatif versi matra pendidikan:
  1. Memiliki banyak ide dan gagasan baru.
  2. Sering tampil dengan kreasi-kreasi baru sebagai perwujudan ide dan gagasan.
  3. Berpikir positif, kritis
  4. Suka bekerja sama dengan rekan sejawat.
  5. Terbuka terhadap pembaharuan
  6. Merancang pembelajaran secara unik dan menarik.
  7. Jarang mengeluh oleh keterbatasan dan kekurangan yang ada di tempat tugasnya.
  8. Menyajikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi.
  9. Selalu optimis dalam melaksanakan tugas.
  10. Menjadi pemecah masalah dalam hubungan komunikasi sosial.
  11. Selalu berksperimen untuk meningkatkan kinerja keguruannya.
  12. Taat beribadah
  13. Menjadi panutan bagi warga sekolah.
  14. Selalu membina hubungan yang harmonis dengan rekan sejawat maupun siswanya.
  15. Sederhana dalam bertutur kata dan bertindak.
 

Setelah kita memahami ciri-ciri dari seorang guru yang kreatif maka kita perlu menjadi guru yang profesional. Kita tahu bahwa Guru yang sudah sertifikasi maka menjadi guru profesional adalah hal yang wajib. Berikut ini merupakan beberapa dari ciri guru profesional yang mungkin bisa menjadi panutan bagi yang ingin mengembangkan diri agar benar-benar menjadi guru profesional. Dibawah ini adalah ciri-ciri guru yang benar-benar memiliki jiwa pendidik atau profesional:
  1. Guru harus selalu mempunyai tenaga untuk siswanya. Guru yang baik akan memberi perhatian pada siswa di setiap obrolan atau diskusi yang dilakukan dan punya kemampuan mendengar dengan seksama.
  2. Seorang guru harus mempunyai tujuan yang jelas. Ciri guru profesional adalah menetapkan tujuan setiap pelajaran secara jelas dan bekerja guna memenuhi tujuan dalam setiap kelas.
  3. Mempunyai keterampilan untuk mendidik agar murid disiplin. Guru harus mempunyai keterampilan disiplin yang efektif. Hal ini agar bisa memberi promosi atas perubahan perilaku positif di dalam kelas.
  4. Mempunyai keterampilan manajemen di dalam kelas yang baik. Guru harus mempunyai keterampilan manajemen di dalam kelas yang baik serta bisa memastikan agar perilaku siswa menjadi baik saat siswa belajar dan bekerja sama.
  5. Guru harus bisa berkomunikasi secara baik dengan orang tua murid. Seorang guru harus menjaga komunikasi yang baik dengan orang tua dan bisa membuat mereka selalu mengerti tentang informasi yang sedang terjadi.
  6. Guru mempunyai ekspektasi yang tinggi pada muridnya. Guru profesional memiliki ekspektasi besar pada siswa serta memacu semua siswa untuk terus bekerja dan mengerahkan potensi terbaik yang mereka miliki.
  7. Mempunyai pengetahuan perihal kurikulum. Guru harus mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai kurikulum sekolah dan standar yang lain. Guru dengan sekuat tenaga akan memastikan bahwa pengajaran yang mereka lakukan sudah memenuhi standar-standar tersebut.
  8. Mempunyai pengetahuan mengenai subyek yang diajarkan. Meskipun sudah jelas, namun terkadang diabaikan. Guru profesional memiliki pengetahuan yang sangat baik dan antusiasme terhadap subyek yang diajarkan. Guru tersebut selalu siap untuk menjawab semua pertanyaan dan menyimpan berbahai bahan yang menarik bagi siswa.
  9. Guru selalu memberikan yang paling baik bagi anak didik di dalam proses pengajaran. Ciri guru profesional adalah selalu bergairah dalam mengajar dan bekerja bersama dengan anak didik. Guru akan merasa gembira ketika bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupannya dan memahami efek yang mereka miliki.

Guru yang kreatif dan profesional akan lebih sempurna jika dilandasi dengan sifat-sifat baik. Thomas Gordon telah memberikan beberapa definisi guru yang baik. Ia seorang penyelenggara berbagai kursus keterampilan yang tersohor di Amerika Serikat. Menerbitkan sebuah buku yang cukup terkenal dimana-mana.

Paling tidak Gordon telah mengidentifikasi 8 mitos definisi guru yang baik melalui bukunya yang berjudul: Teacher Effectiveness Training. Inilah kutipan ciri guru yang baik menurut Thomas Gordon:

1. Tenang dan tidak menunjukkan emosi yang menyala,
2. Tidak mempunyai prasangka yang buruk kepada peserta didiknya,
3. Dapat menyembunyikan perasaannya dari peserta didik,
4. Memandang semua peserta didik sama,
5. Mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, bebas, motivator, dan semangat,
6. Konsisten, tidak berubah-ubah pendirian dan jarang melakukan kesalahan,
7.Pandai, bijaksana dalam memperlakukan siswa dan mampu menjawab pertanyaan siswa,
8. Sanggup memberikan bantuan secara maksimal kepada peserta didik.


Jika diperhatikan poin demi poin ke delapan ciri tersebut, ternyata  guru yang baik harus lebih dalam segala hal dari orang-orang pada umumnya. Harus lebih mengerti, lebih memiliki ilmu pengetahuan, lebih sempurna dari orang-orang lain. Guru harus mampu mengatasi kelemahan manusia lain!

Bagaimanapun juga untuk menjadi guru yang baik tidaklah mudah, mereka harus belajar terus menerus dan di dalam dirinya percaya bahwa dirinya belum cukup baik walaupun orang diluar sana sedah banyak yang memuji mereka. Menjadi manusia itu tidaklah mudah, karena selama hidupnya mereka harus menggapai sebuah tujuan yang penuh dengan masalah dan rintangan. Terlebih lagi menjadi seorang guru yang secara garis besar tugasnya adalah memanusiakan manusia.

Sumber:
http://edukasi.kompasiana.com/2012/07/13/7-ciri-guru-kreatif-476561.html
http://rasoulallah.net/index.php/id/articles/article/9872
http://www.informasi-pendidikan.com/2013/07/ciri-guru-profesional.html
http://www.matrapendidikan.com/2013/12/inilah-ciri-guru-yang-baik.html
http://www.matrapendidikan.com/2014/07/inilah-daftar-15-ciri-guru-kreatif.html

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru