Mading

Majalah dinding merupakan sebuah media massa sederhana yang menyajikan berbagai berita dan informasi umum yang tertata rapi dengan hiasan yang tertempel di dinding. Orang banyak sering menyngkat nama majalah dinding dengan kata mading. 






Dalam wikipedia menyebutkan bahwa "Majalah dinding adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya." Mading di dalamnya biasanya terdapat cerita-cerita, puisis, informasi, tips dan trik, gambar, berita umum, dan hiasan-hiasan yang mampu menarik perhatian orang untuk membaca.

Mading merupakan kegiatan siswa yang dapat membantu dalam proses perkembangan anak. Anak akan mencari sendiri materi-materi yang sesuai untuk mading tersebut.  dalam wikipedia menyebutkan bahwa Semua materi itu disusun secara harmonis sehingga keseluruhan perwajahan mading tampak menarik. Bentuk fisik mading biasanya berwujud lembaran tripleks, karton, atau bahan lain dengan ukuran yang beraneka ragam. Ukuran yang tergolong relatif besar adalah 120 cm x 240 cm, sedang yang lebih kecil lagi disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Peranan majalah dinding yang tampak pokok sebagai salah satu fasilitas kegiatan siswa secara fisikal dan faktual serta memiliki sejumlah fungsi, yaitu :informatif, komunikatif, rekreatif, dan kreatif.


Fungsi mading sangat banyak, yaitu sebagai (media komunikasi) dimana siswa akan mengetahui berbagai informasi dengan membaca mading, (Wadah kreatifitas) karena setiap anak bebas memberikan materi, ide design dan hiasan dalam membuat mading, (Menumbuyhkan kegiatan membaca) karena mau bagaimanapun juga untuk mengisi materi dalam mading siswa harus mencari materi mana yang cocok dengan membaca, (Pengisi waktu) untuk anak-anak yang memiliki waktu luang akan lebih baik jika kita manfaatkan untuk membuat mading, (Kecerdasan berpikir) akan ada berbagai pengetahuan yang beragam dalam sebuah mading sehingga anak akan memiliki pengetahuan yang tinggi, (Berorganisasi) mading sangat mustahil jika dikerjakan secara individu dan disinilak seorang siswa akan belajar cara berorganisasi atau berkelompok dalam memecahkan masalah. (Melatih kemampuan menulis) tentu saja dalam membuat mading tidak semuanya materi berasal dari bahan cetak, namun ada pula yang dibuat dengan seni menulis yang indah.  


salah satu kelompok sedang mendesain mading mini

Anak-anak sangat antusias dalam mengerjakan proyek mading

Inilah wadah untuk melatih kerjasama


Sumber data:
http://id.wikipedia.org/wiki/Majalah_dinding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru