Bangun datar Lingkaran Tak Punya Sisi

Lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang memiliki satu sisi dengan simetri putar dan lipat yang tidak terhingga. Lingkaran memiliki titik sudut tengah 360 drajat yang sama dengan bangun datar yang lain. Dalam kesempatan ini kita akan belajar lebih mendalam tentang lingkaran itu sendiri.





Kami telah membaca beberapa website teratas yang membahas tentang sifat-sifat bangun datar lingkaran. Sebagian besar wabsite hanya menjelaskan bahawa:
  • Lingkaran memiliki satu sisi
  • Simetri lipat lingkaran tidak terhingga
  • Simetri putar lingkaran juga tidakterhingga


Ada juga website yang menjelaskan bahwa besar sudut lingkaran adalah 360 derajat sama dengan besar sudut persegi dan sudut segitiga 180 derajat. Memang benar jika sudut dalam persegi jika di jumlahkan hasilnya 360 = 90+90+90+90. dan sudut segitiga misalnya segitiga siku-siku jika dijumlahkan hasilnya 180= 90+45+45, sedangkan lingkaran 360 derajat itu kurang tepat. Kita harus bisa membedakan jumlah sudut dalam bangun datar dan sudut pusat bangun datar. Semua bangun datar sudut pusatnya sama yaitu 360 berbeda dengan jumlah sudut pada bangun datar, semakin banyak sudutnya maka jika dijumlahkan dalam derajat akan semaki besar:


Dakam kasus ini lingkaran tidaklah benar jika memiliki total sudut 360. Mungkin belum banyak yang mengetahui tetang sudut dalam lingkaran. Pengalaman saya waktu mencari ilmu banyak orang-orang yang menyebutkan bahwa lingkaran tidak memiliki jumlah sudut. Secara logika memang aneh, kita tahu bahwa lingkaran memiliki 1 sisi atau garis/sekat yang membatasi bagian dalam dan luar bangun. Sudut merupakan titik pertemuan antara garis satu dengan garis yang lain jika dalam bangun datar garis tersebut terbentuk dari ujung sisi yang saling bertemuan membentuk titik sudut. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk membentuk susut dibutuhkan 2 garis sisi. sedangkan lingkaran dibentuk hanya dengan satu sisi!. Jika secara logika lingkaran tidak memiliki sudut.

Namun saya memiliki pendapat yang berbeda, Saya akan menyebutkan bahwa lingkaran yang sesungguhnya adalah tidak memiliki sisi melainkan memiliki sudut yang tidak terhingga. Kenapa demikian?, perhatikan gambar di bawah ini:


DI sampiing ini merupakan bangun datar dari titik segi paling sedikit sampai titik segi tak terhingga. Jika kita lihat lingkaran yang sebenarnya tidak memiliki sisi, melainkan lingkaran tersusun atas titik-titik susdut yang tidak terhingga sehingga membuat garis melingkar yang sering kita sebut 1 sisi lingkaran.

Ini merupakan segi-72 sudut, Segi tersebut jika dilihat dengan kasat mata dan dilihat jarak jauh maka sudah hapir berbentuk lingkaran. 

Dari penjelasan diatas ini maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya sisi lingkaran berbeda dengan sisi lingkaran pada bangun datar yang lain. Sisi pada lingkaran terbentuk oleh titik sudut yang tidak terhingga sehingga akan menghasilkan simetri lipat dan puntar yang tidak terhingga juga.

Jadi tidaklah salah jika menyebutkan bahwa lingkaran tidak mempunyai sisi melainkan titik sudut yang tak terhingga membentuk lingkaran sehingga menyerupai garis sisi melengkung.


3 komentar:

  1. Lho kok segi-n menyatakan banyaknya sudut (titik sudut) bukankah segi-n menyatakan banyaknya sisi (dalam bangun datar)
    sisi khan sebagai batasan suatu luas daerah (area) dalam bangun datar, jika tidak memiliki batasan maka bagaimana kita menghitung luas nya?

    BalasHapus
  2. dari dua titik bisa dibuat satu garis (sisi(dalam bangun datar) => garis/Line) jika memiliki titik titik dalam keliling lingkaran entah sedemekian kecilnya jarak titik tersebut maka dapat ditarik 1 garis maka pasti ada sisinya juga

    BalasHapus
  3. pada dasarnya jumlah sudut dan jumlah sisi sama dalam bangun datar poligon. Selama segi masih memiliki jumlah (n) maka itu masih memiliki sisi seberapapun kecilnya namun jika jumlah segi yang ada adalah tak terhingga (lingkaran)maka tidak akan muncul sisinya atau jika ada mungkin panjangnya 0.00000 sekian. Maka dari itu untuk menentukan luas atau keliling tidak menggunakan sisi tetapi phi.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru