Sinetron Aku Anak Indonesia Pejuang Karakter Bangsa Indonesia

ELEXTROMEDIA - Aku Anak Indonesia, adalah sebuah sinetron yang di tayangkan di stasiun swasta RCTI dan diproduksi oleh Sinemart. Sinetron ini adalah menceritakan tentang kehidupan anak SMA dengan menonjolkan nilai dan kegiatan-kegiatan positif di sekolah dibandingkan masalah percintaan.






Aku Anak Indonesia adalah sebuah sinetron yang akan sangat berbeda dengan sinetron lainnya. Selain artis yang diusungnya tergolong artis muda cerita yang disampaikan juga tidak melu tentang percintaan atau lawakan belaka. Sinetron yang menceritakan sebuah persahabatan dan kenyataan pahit anak muda indonesia zaman sekarang memberikan kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Melihat sinetron ini kita akan mendapatkan sebuah pendidikan hidup yang sangat positif dari fenomena pergaulan pelajar zaman sekarang di indonesia. Selama tayang ada beberapa masalah dan juga solusi dalam sebuah cerita tersebut, diantaranya:

1. Masalah tawuran antar pelajar

Dua sekolah yang tiap harinya melakukan tawuran tanpa lelah memberikan kesan buruk bagi semua orang yang melihatnya. Bagaimanapun juga disetiap ada keburukan yang merajalela pasti akan ada pahlawan yang menyelesaikannya walaupun butuh banyak waktu, dan konsekuensi. Masalah yang timbul dari tawuran antar pelajar hanyalah sebuah pelampiasan jiwa muda sebagian pelajar di pinggiran kota yang tak tersalurkan dengan baik. Setelah para pelajar itu di arahkan kepada kegiatan positif yang berhubungan dengan fisik seperti bermain bola, dan berlari, hasilnya adalah prestasi yang luar biasa.


2. Bahaya Bullying





Seorang pelajar putri SMA yang dituduh dan di fitnah merebut pacar temannya sendiri dan kemudian dibullying oleh semua pelajar di SMA tersebut baik secara langsung atupun lewat media sosial yang membuat hati perempuan tersebut gelisah dan tak berdaya. Namun seorang teman mempercayai bahwa menjadi lilin untuk menerangi seluruh isi ruangan yang gelap memang membutuhkan kekuatan yang besar. Ketika permasalahan diselesaikan secara sabar dan kepala dingin semuanya pun menjadi lebih baik dan berakhir bahagia..


3. Geng Motor




Ketia pelajar SMA mengikuti geng motor dan mengalami kegagalan saat mengikuti balapan liar dengan taruhan uang. Membuat pelaja tersebut terlilit utang yang cukup banyak sehingga menjadi buronan geng motor lain dan melarikan diri meninggalkan rumah dan sekolahnya. Untuk membayar semua hutang-hutangnya itu pelajar itu kemudian melakukan balap liar dan mengalami kecelakaan tunggal  yang mengakibatkan kakinya lumpuh permanen, Orang yang berwatak keras selalu memenangkan egonya sendiri tanpa menyadari baik dan buruknya akan merasakan akibat yang besar. 


4.Mencuri Ide



Ketika dua orang pelajar putri SMA mencuri sebuah ide untuk membantu pelajar lain dalam bidang keuangan, mereka merealisasikan ide yang berupa toko pelajar tersebut tanpa mengetahui rencana dan strategi yang mateng dan menganggap bahwa jika dilaksanakan oleh mereka maka akan memberikan keuntungan yang besar. Walapun si pemilik ide tersebut sudah mengikhlaskan dan berusaha membantu menjalankan ide yang dicuri kedua pelajar putri itu, namun mereka menolak dan tetap berpegang teguh pada rencananya walaupun tanpa perhitungan dan salah perencanaan. Al hasil ketika waktunya uang itu dibutuhkan ternyata  toko tersebut tidak balik modal dan malah bangkrut. Kejadian diatas akan merugikan banyak orang dan pesan yang didapat adalah seberapa bintarnya dirikita menerima dan mengevaluasi sekaligus memahami saran dan kritikan memang adalah hal yang diharuskan.

Walaupaun acara ini belum lama tayang namun kami senang dengan adanya acara tersebut. Ini sangat membantu sekali terutama bagi para guru dalam menerapkan karakter bangsa yang selama ini susah dalam proses penerapannya. Seoga Sinetron Aku Anak Indonesia bisa menjadi inspirasi bagi stasiun lain untuk menayangkan hal yang serupa.

Selama ini kita terbelenggu pada acara yang tergolong hiburan, lawakan dan vantasi belaka, yang sebenarnya tanpa ditayangkan pun semua orang bisa melakukannya.  Ada beragam acara yang menurut kami tidak pantas dan memang aneh untuk ditayangkan namun dei uang semua itu bisa dilakukan.

Yang dibutuhkan bangsa indonesia adalah sebuah acara berita yang tidak memberikan materi yang berhubungkan dengan saling menyudutkan dan juga praktek-praktek yang tidak baik. Kami membutuhkan acara yang mengenalkan seluruh nusantara indonesia seperti laptop si unyil, si bolang, adventure, dll. kami membutuhkan acara televisi yang memotivasi seperti kick andy, mata najwa, on the spot, dll. Kita butuh acara yang merubah karakter seseorang menjadi baik sperti Aku Anak Indonesia, Sopo jarwo, dll.

Kami berharap dengan berubahan siaran televisi yang lebih baik membawa dampak nasional yang positif pula. Kita semua cinta indonesia, dan kita semua dari sabang sampai marauke adalah saudara, jangan sampai para pelajar kita tidak saling mengenali mereka semua, jangan sampai mereka tidak tahu nusantara kita, budaya kita, dan adat kita, kami berharap media pertelevisian memberikan itu semua kepada generasi muda indonesia agar mereka tahu nusantara indonesia yang sebenarnya.   

Inilah alasan sinetron Aku Anak indonesia dibuat:


Halaman Aku Anak Indonesia:  Aku Anak Indonesia - RCTI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru