16 Rumus Persegi dan Persegi Panjang

ELEXTROMEDIA - Kali ini kita akan memahami secara mendetail rumus-rumus apa saja yang ada dalam persegi dan persegi panjang. Sepenarnya yang akan kita bahas yaitu rumus yang berhubungan dengan keliling dan luas, serta antek-anteknya yaitu sisi, panjang, dan lebar. Terdapat 16 rumus yang berkaitan dengan keliling dan luas yang perlu kalian ketahui. Berikut ulasannya:



PENGERTIAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG


Menurut wikipedia, Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk (a) yang sama panjang atau disebut juga dengan sisi (s) dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku. Bangun ini dahulu disebut sebagai bujur sangkar. sedangkan Persegi panjang (inggris rectangle) adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku. Rusuk terpanjang disebut sebagai panjang (p) dan rusuk terpendek disebut sebagai lebar (l).


RUMUS BANGU DATAR PERSEGI

Sebenarnya pada bangun datar persegi panjang hanya memiliki dua rumus umum dan wajib. dimana rumus ini adalah rumus yang sering kita gunakan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas. rumus tersebut yaitu:






 
  1. K = 4 x s
  2. L = s x s
Kedua rumus tersebut adalah induk rumus dimana K = (Keliling), s = (Sisi), L = (Luas). Seiring dengan berkembangnya ilmu pendidikan banyak soal pemecahan masalah yang siswa tidah hanya mencari keliling atau luas saja melainkan lebih kompleks. Disinilah kita akan memahami 6 rumus yang ada pada bangun datar persegi:








 





RUMUS BANGU DATAR PERSEGI PANJANG

Sama halnya dengan bangundatar persegi, persegi panjang ini juga hanya memiliki 3 rumus umum yaitu untuk mencari keliling, luas, dan panjang diagonal. Kali ini kami hanya akan menjelaskan rumus-rumus yang berhubungan dengan keliling, luas, panjang, dan lebar. Rumus tersebut yaitu:






  1. K = (p+l) x 2
  2. L = p x l
Kedua rumus tersebut adalah induk rumus dimana K = (Keliling), L = (Luas), p = (Panjang), dan l = (Lebar). Berbeda dengan persegi yang hanya memiliki 6 rumus saja, bangun datar persegi panjang memiliki 10 rumus dalam pengolahan data yang berhubungan dengan keliling, luas, panjang dan lebar. Rumus tersebut yaitu:










 



KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa bangun datar secara umum baik persegi panjang dan persegi memiliki 2 rumus pokok yaitu mencari luas dan keliling ditambah satu rumus diagonal untuk persegi panjang. Rumus tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam sebuah soal dimana untuk bangun datar persegi memiliki 6 rumus dan persegi panjang memiliki 10 rumus. Sebenarnya pengembangan rumus ini bertujuan hanya untuk memudahkan anak dalam memcahkan masalah soal matematika secara menadiri. Anak hanya perlu mengetahui apa yang diketahui dan ditanya dan siswa tinggal mencari rumus yang tepat untuk menyelesaikannya. 

Demikian untuk pembahasan kita kali ini, bila ada salah kata atau artikel ini kurang berkenan kami mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat sedikit memajukan pendidikan di indonesia ini. Semangat mengabdi untuk anak-anak kami.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Persegi
http://id.wikipedia.org/wiki/Persegi_panjang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru