Pengertian Statistik dan statistika



Berikut adalah pembahasan materi mengenai statistika dan statistik pada mata pelajaran statistika dasar program pascasarjana UNJ dengan dosen prengampu DR. MUKTININGSIH.N, M.Si. Dalam artikel ini, pembahasan akan memfokuskan pada pengertian, perbedaan, ruang lingkup serta pembagiannya dalam penelitian. 

A. Pengertian Statistik dan Statistika
Pengertian Statistik dalam bukunya Nar Herrhyanto dan H.M. Akib Hamid menyebutkan bahwa kata statistik dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu.  Sedangkan pengertian Statistika Dalam bukunya Richard A. Johnson dan Gouri K. Bhattacharya menyebutkan bahwa Statistika sebagai subjek menyediakan tubuh dari prinsip dan metodologi untuk merancang proses pengumpulan data, meringkas dan menafsirkan data, dan menarik kesimpulan atau generalisasi. 
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa statistik merupakan data hasil dari penelitian yang sudah tersedia dalam bentuk tabel, atau grafik, misalnya 80% mahasiswa yang mengikuti kuliah adalah perempuan atau rata-rata nilai ulangan matematika siswa satu kelas adalah sedangkan statistika lebih mengarah kepada prinsip dan metodologi yang digunakan untuk memperoleh data statistik tersebut.

B.  Perbedaan Statistika
Perbedaan statistika berdasarkan pengolahan data menurut Nar Herrhyanto dan H.M. Akib Hamid ada dua yaitu statistika inferensial dan statistika deskriptif. 
1. Statistika inferensial atau induktif menurut Djarwanto Ps, dan Pangestu Subagyo (1985:1-2) adalah bidang ilmu pengetahuan statistik yang mempelajari tata cara penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan populasi berdasarkan data yang ada dalam suatu bagian dari populasi tersebut (disebut sampel). Ruang lingkup bahasan statistika inferensial secara sederhana dikelompokkan atas:
  • Probabilitas
  • Distribusi Teoritis
  • Sampling dan distribusi sampling.
  • Estimasi harga parameter
  • Uji hipotesis, termasuk uji chi-square dan analisis variansi.
  • Analisis regresi untuk prediksi
  • Korelasi dan uji signifikansi
Contohnya: Dengan mengasumsikan bahwa kerusakan buku mata pelajaran matematika kurang dari 30% akibat bencana banjir yang lalu maka buku mata pelajaran matematika di tahun yang akan datang tidak akan lebih dari Rp. 30.000 rupiah per bukunya.  
2. Statistika deskriptif atau deduktif menurut supardi (2013: 3-4) Hanya berhubungan dengan hal menguraikan atau memberikan keterangan-keterangan mengenai suatu data atau keadaan atau fenomena. Didasarkan ruang lingkup pembahasannya, statistika deskriptif mencakup hal berikut:
  • Penyajian data dalam bentuk tabel.
  • Penyajian data dalam bentuk grafis.
  • Ukuran niai pusat dan letak, seperti: rerata, median modus, varian, simpangan baku, kuartil, desil, persentil, dsb.
  • Ukuran dispersi atau simpangan, seperti: jangkauan atau rentang (range), rerata simpangan, dsb.
  •  Model distribusi data, yaitu kemcengan dan keruncingan kurva distribusi.
  •  Angka indeks
  • Time series/deret waktu atau data berkala
Contoh: Sebanyak 50% diantara semua pasien yang menerima suntikan obat tertentu, ternyata kemudian menderita efek samping obat itu.
C.  Ruang Lingkup Statistika
Menurut menurut supardi (2013:7) ruang lingkup statistika berdasarkan ruang lingkup penggunaanya dibedakan atas: 
  • Statistika Pendidikan adalah statistika yang digunakan, atau diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu pendidikan. Contohnya:

DATA SISWA KELAS RENDAH
No
Kelas
Perempuan
Laki-laki
Total
1
III
20
15
35
2
II
17
13
40
3
I
20
13
33

  • Statistika Sosial adalah statistika yang digunakan atau diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu sosial. Contohnya: Data statistik mengenai status pekerjaan di daerah A menunjukan bahwa 30% penduduknya bekerja sebagai PNS, 50% petani, dan 20% pedagang.
  • Statistika Kesehatan adalah statistika yang digunakan atau diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu kesehatan. Contohnya: Jumlah kehamilan remaja paling tinggi 2011 (www.didunia.net)

No.
Negara
Jumlah
Prosentase
1
AS
494.357
7.6%
2
Polandia
30.413
4.3%
3
Jerman
29.000
4.1%
4
Kanada
19.920
2.8%
5
Prancis
17.985
2.6%

  • Statistika Ekonomi adalah statistika yang digunakan atau diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu ekonomi. Contohnya: Kurs dolar dan valuta asing terhadap rupiah

No
Negara
Mata uang
Simbol
Kurs tengah
1
English
Poundsterling
GBP
22,104.60
2
Eropa
Euro
EUR
16,158.70
3
Swiss
Franc
CHF
14,676.85
4
Amerika
USD Dollar
USD
14,320.00
5
Canada
Dollar
CAD
10,811.70

  • Statistika Pertanian adalah statistika yang digunakan atau diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu pertanian. Contonya: Data hasil pertanian di daerah X dalam 1 tahun. Penduduk daerah X sebagian besar pekerjaannya adalah pertani dimana setiap tahunnya memperoleh hasil yaitu:  Bawang 10 ton, Padi 30 ton, Singkong 15 ton, Cabe: 20 ton, dan Tomat: 50 ton.
  • Statistika Bidang Lainnya 
  
D. Statistika parametrik dan non parametrik. 
Menurut menurut supardi (2013:7) statistika inferensial dibagi menjadi dua yaitu statistika parametrik dan non parametrik.
 
a.       Statistika Parametrik
Statistika parametrik adalah bagian statistika yang parameter populasinya harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti syarat data berkala interval/rasio, syarat pengambilan sampel harus random, berdistribusi normal (normalitas) dan memiliki varian yang homogen (homogenitas), model regresi linier, dan sebagainya. Dalam statistika parametrik indikator-indikator yang dianalisis adalah parameter-parameter dari ukuran objek yang bersangkutan.

b.      Statistika Non-Parametrik
Statistika non-parametrik adalah bagian statistika yang parameter populasinya bebas dari keharusan memenuhi syarat-syarat tertentu seperti syarat data berkala interval/rasio, syarat pengambilan sampel harus random, berdistribusi normal (normalitas) dan memiliki varian yang homogen (homogenitas), model regresi linier, dan sebagainya. Dalam statistika non-parametrik indikatorindikator yang dianalisis adalah sisi lain parameter ukuran objek yang bersangkutan.

 Baca Juga: 
 Daftar Pustaka:
  • Syaodih Sukmadinata Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.  Bandung: Alfabeta,cv.
  • Utsman Rochman. 2015. Panduan Statistika Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
  • Purwanto.(2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  • Riski Taufik Maulana. (online). 2015. website manajemen. Url: (http://rtmikki.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-dan-contoh-data.html) Diakses pada tanggal 11-09-2015.
  • Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Ps Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 1985, Statistik Induktif, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE.
  • Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
  • Richard A. Johnson dan Gouri K. Bhattacharya. 2010. Statistics Principles & Methods. United States of America: John Wiley & Sons, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru