MODEL PENGEMBANGAN MOTIVASI


Tahap awal : (a) menumbuhkan sikap positif; (b) pembelajaran berorangientasi ke kebutuhan siswa. Tahap lanjutan: (a) penyelenggaraan pembelajaran variatif; (b) pembelajaran yang menimbulkan rasa senang Tahap akhir; (A) UMPAN BALIK SEHINGGA memahami kompetensi yang hendak dicapai; (2) memberikan “reinforcement” atas  hasil belajar yang diperolehnya.



MODEL PENGEMBANGAN MOTIVASI
A.   Macam Model Pengembangan Motivasi
1.    Model Time Continuum (Wodkowski, 1991):
Tahap awal : (a) menumbuhkan sikap positif; (b) pembelajaran berorangientasi ke kebutuhan siswa. Tahap lanjutan: (a) penyelenggaraan pembelajaran variatif; (b) pembelajaran yang menimbulkan rasa senang Tahap akhir; (A) UMPAN BALIK SEHINGGA memahami kompetensi yang hendak dicapai; (2) memberikan “reinforcement” atas  hasil belajar yang diperolehnya.
2.    Model Tripartite (Tuckman, 2001):
Menanamkan sikap dan kepercayaan untuk berhasil. Drive/semangat untuk mencapai hasil. Memilih strategi inovatif untuk mencapai hasil
B.   Faktor Mempengaruhi Motivasi
1.    Pengetahuan tentang kegunaan belajar
2.    Kebutuhan (need) untuk belajar
3.    Kemampuan melakukan kegiatan belajar
4.    Kesenangan terhadap ide melakukan kegiatan beljr
5.    Pelaksanaan belajar yang berhasil
6.    Prestasi yang dicapai
7.    Kepuasan terhadap pembelajaran
8.    Karakteristik pribadi danlingkungan terhadap proses pembuatan keputusan.
C.   MOTIVASI (dilandasi oleh keinginan & tujuan)
1.    Pikiran dan perilaku seseorang mencerminkan keinginan dan tujuannya (want & goal)
2.    Keinginan dan tujuan ses. terus berkembang & berubah
3.    Keinginan dan kebutuhan fisiologis
4.    Keinginan dan kebutuhan akan rasa aman
5.    Keinginan dan kebutuhan akan  milik dan cinta
6.    Keinginan dan kebutuhan akan harga diri
7.    Keinginan dan kebutuhan aktualisasi diri (self actualization)
8.    Keinginan dan tujuan diatur sesuai dingin diri pribadi (kaitannya dengan “nilai”/evaluasi pribadi): mencapai harga diri ideal.
9.    Dapat digerakkannya keinginan tertentu tergantung pada situasi psikologis yang bersifat sementara & juga oleh kognisinya
10. Munculnya beberapa keinginan tertentu tergantung keadaan & situasi fisiologis pada kognisi saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru