Kamis, 10 November 2016

Tematik pada pembelajaran matematika kurikulum 2013

Menurut Fogarty (1991) model Webbed adalah suatu pola belajar mengajar dalam pembelajaran terpadu yang menggunakan topik atau tema untuk memadukan dan mengaitkan beberapa konsep yang saling terkait menjadi satu paket pembelajaran.




Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
  1. Menentukan tema tertentu yang dekat dengan kehidupan siswa.
  2. Pemilihan sub-sub tema dengan memperhatikan   kaitannya antar mata pelajaran.
  3. Merencanakan aktivitas  belajar   yang harus dilakukan antara guru dengan siswa.
Sumantri menyebutkan bahwa pada pembelajaran tematik, siswa akan belajar satu materi secara holistik dan tidak parsial. Pembelajaran ini juga memperhatikan cara belajar siswa SD yang masih saling mengaitkan satu sama lain.    

Karakteristik Pembelajaran Tematik
  1. Dimulai dengan menentukan tema yang kemudian dikembangkan subtemanya dengan memperhatikan kaitannya dengan disiplin ilmu atau bidang studi lain.
  2. Tema sentral dapat diambil dari kehidupan sehari-hari yang menarik dan menantang kehidupan siswa untuk memicu minat belajarnya, cakupannya harus luas dan memberi bekal bagi siswa untuk belajar lebih lanjut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...