Tangram

Definisi Tangram merupakan sebuah teka-teki Cina yang dibuat dengan memotong sebuah persegi dari bahan tipis menjadi lima segitiga, persegi, dan rhomboid yang mampu direkombinasi dalam banyak tokoh berbeda.



     Tangram adalah sebuah permainan teka-teki transformasi yang terdiri dari tujuh keping potongan, disebut tans, yang disatukan untuk membentuk pola. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membentuk pola tertentu (hanya diberi garis bentuk atau siluet) menggunakan ketujuh potongan, yang mungkin tidak tumpang tindih. Permainan ini dianggap telah diciptakan di Tiongkok semasa Dinasti Song, dan kemudian di bawa ke Eropa oleh kapal dagang pada awal abad ke-19. Ia menjadi sangat populer di Eropa saat itu untuk sementara waktu, dan kemudian populer lagi semasa Perang Dunia I. Permainan ini merupakan salah satu permainan teka-teki transformasi yang paling populer di dunia. Seorang psikolog Tiogkok menyebut tangram sebagai "tes psikologi paling awal di dunia", walaupun orang membuatnya untuk hiburan dan bukan untuk analisis.


     Tangram sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran, terutama pembelajaran matematika materi bangun datar dan dapat dikombinasikan pada materi materi lainnya. Permainan tangram dapat mengasah kemampuan siswa menyelesaikan masalah dan daya kreatif siswa. selain itu Tangram mendukung penyandang disabilitas dengan merancang layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan khusus mereka. Kami membantu mereka untuk hidup penuh, bermakna, dan bahagia, di rumah dan sebagai anggota komunitas mereka. Tangram bergabung dengan mitra komunitas untuk menciptakan solusi yang inklusif dan berkelanjutan untuk tantangan yang dihadapi oleh mereka yang terkena dampak cacat.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tangram
https://www.thetangramway.org/
https://www.merriam-webster.com/art/dict/tangram.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru