Bela Negara (Wajib Militer)

Bela Negara merupakan sebuah konsep pendidikan untuk membentuk sikap, tekad dan perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.



Bela negara merupakan pendidikan militer yang diperuntukan kepada warga sipil sebelum atau sedang bekerja sebagai ASN dan pegawai suasta yang bekerja di Indonesia. Tujuan utama dari pendidikan ini adalah untuk membekali masyarakat dengan karakter, tekad, sikap atau kepribadian yang cinta dan rela berkorban demi NKRI. Kegiatan ini juga memberikan wawasan berupa pengetahuan mengenai sejarah NKRI dan jasa para pahlawan dalam proses kemerdekaan.

Dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni:
  1. Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. 
  2. Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata.Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Unsur Dasar Bela Negara
  1. Cinta Tanah Air
  2. Kesadaran Berbangsa & bernegara
  3. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara
  4. Rela berkorban untuk bangsa & negara
  5. Memiliki kemampuan awal bela negara
Contoh-Contoh Bela Negara :
  1. Melestarikan budaya
  2. Belajar dengan rajin bagi para pelajar
  3. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
  4. Mencintai produk-produk dalam negeri


 Pengalaman pribadi dalam mengikuti bela negara:
  1. Kegiatan ini menuntut warga negara memiliki sikap disiplin yang tinggi. Sikap disiplin yang diterapkan meliputi bagaimana kita makan,makan, baris berbaris, upacara, tidur, dan ketika proses pemberian materi.
  2. Mengajak warganya agar memiliki jiwa nasionalisme meliputi menjauh dari penyakit KKN, Mengenal dan memahami para pahlawan beserta jasanya, Melihat letak geografis negara Indonesia, serta menumbuhkan kerjasama antar warga untuk kepentingan negara.
  3. Memberikan pengalaman menarik yang menguji adrenalin seperti naik turun tebing, menuruni tower setinggi 15 meter, menuruni kapal dengan jaring, dan menyebrangi lereng menggunakan tali.
  4. dari segi pengetahuan kita juga dibekali tentang bagaimana cara memimpin, berkomunikasi, sejarah indonesia, dan tata cara upacara.
  5. Sedangkan dari segi keterampilan warga negara diajarkan tentang tata cara upacara, PBB, dan berbagai ice breaking.
Pengalaman mengikuti bela negara pada saat mengikuti PPG Bersubsidi 2017.
Pelatihan Bela Negara Kerjasama UNJ dan Komando Daerah Militer Jayakarta Resimen Induk. 

Dokumentasi:





Sumber:
http://belanegara.kemhan.go.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bela_negara
https://www.sekolahpendidikan.com/2017/04/pengertian-bela-negara-beserta-tujuan.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru