Penilaian Autentik
adalah metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat
mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan
menyelesaikan masalah. Siswa juga mampu mengungkap pengetahuan, kete ramplan dengan
mensimulasikan situasi yang dapat ditemui dalam dunia nyata di luar lingkungan
sekolah (Hymes, 1991).
Pages
▼
Kamis, 30 Juni 2016
Kamis, 23 Juni 2016
MODEL PENGEMBANGAN MOTIVASI
Tahap awal : (a)
menumbuhkan sikap positif; (b) pembelajaran berorangientasi ke kebutuhan siswa.
Tahap lanjutan: (a) penyelenggaraan pembelajaran variatif; (b) pembelajaran yang
menimbulkan rasa senang Tahap akhir; (A) UMPAN BALIK SEHINGGA memahami kompetensi
yang hendak dicapai; (2) memberikan “reinforcement” atas hasil belajar yang diperolehnya.
Kamis, 16 Juni 2016
GURU DAN PROFESIONALISME GURU
Guru: tenaga profesional yang harus mampu menjadi: pendidik, model, pengajar/ pembimbing, pelajar, komunikator, pekerja administratif, dan pegawai yang setia kepada lembaga. Guru harus memiliki : Bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme.
Kamis, 09 Juni 2016
KOGNISI : PENGENALAN INDIVIDU TERHADAP DUNIANYA
Kognisi individu
diatur secara selektif oleh faktor stimulus dan faktor personal. Kognisi
berkembang menjadi sistem-sistem yang se- suai dengan prinsi-prinsip belajar
& pengaturan stimulus. Sifat kognisi dipengaruhi oleh sistem yang di dalamnya terdapat kognisi tersebut.