Rabu, 09 Mei 2012

10 PGPYB

10 Pembelajaran yang baik dalam pembelajaran geometri dan pengukuran



Ketika saya mengikuti perkuliahan simulasi geometri dan pengukuran, dimana mahasiswa berlatih mengajar teman sendiri di depan. dalam perkuliahan ini saya mendapatkan hal-hal sebagai berikut:
  1. Awal pembelajaran tidak lah lupa harus absensi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan tes pengetahuan awal.
  2. Model pembelajaran dianjurkan Cooperatif Learning
  3. Dalam pembentukan kelompok harus diperhatikan tata letak kelompok kemudian dikondisikan biar tidak gaduh dan sebelum kegiatan akhir dalam pembelajaran itu kelompok di bubarkan dulu.
  4. Walaupun metode yang digunakan adalah Inkuiry tetapi contoh harus diberikan sedikit mungkin.
  5. Jangan lupa ketika siswa mengalami kebosanan ataupun merasa ngantuk, solusi awal adalah Ice Breaking.
  6. Selain itu dalam proses belajar mengajar guru hendaknya menjadi fasilitator dam motifator, nah gurur dalam menjadi fasilitator media yang digunakan harus baik dan benar.
  7. Nah ini tugas guru, setiap kegiatan hendaknya guru mengevaluasinya agar apa yang salah bisa diperbaiki dan guru harus dan wajib memberi penguatan atau konfirmasi.
  8. Dalam pembelajaran untuk kelas atas jangan sampai kondisi siswa brisik, harus selalu dikondisikan, untuk kelas bawah kan wajar, jadi ya sesekali saja tapi jangan sering.
  9. Guru adalah seseorang yang akan ditiru oleh anak didiknya, makadari itu guru harus baik dalam segalahal, agar anak didik kita memiliki karakter yang baik maka guru harus memberikan pesan moral pada setiap pembelajaran.
  10. seorang guru juga harus mempelajari tata bahasa yang baik dan benar, biar kita tidak mengajari anak didik kita dengan ilmu yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...