TES KEMAMPUAN VERBAL (SINONIM)

Tes ini bisa di bilang salah satu jenis tes yang tidak bisa kita pelajari hanya dengan hitungan hari. Tes sinonim membutuhkan banyak waktu untuk menghafal ribuan kosakata secara baku dan itu tidak cukup satu atau dua hari. Untuk memahami tes sinonim ini sama halnya dengan memahami tes bahasa inggris yaitu butuh banyak kosa kata yang harus kita ketahui.





Secara umum tidak mungkin kita menghafal kosa kata sebanyak yang kita inginkan karena semakin kita banyak menghafal maka semakin sulit untuk kita mengingat kembali. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut maka kita perlu sering-sering membaca, memahami, dan berjumpa dengan berbagai jenis kosa kata baku setiapharinya agar secara tidak langsung kosa kata kita tersimpan dalam memori bawah sadar kita, dan itu tidak perlu menghafal.
Sebelum mengerjakan soal tes kemampuan verbal kategori sinonim maka saya akan membahas mengenai tips menyelesaikan soal sinonim:
  1. Jika sudah mengetahui makna arti kata dala soal tes maka buatlah kalimat yang lebih umum dan carilah sinonim yang relevan dengan kata tersebut.
  2. Cika kata dalam soal tes merupakan bahasa serapan yaitu bahasa yang diambil dari bahasa inggris, sangsekerta dan lain-lain kembalikan kata-kata tersebut ke bentuk aslinya dan kemudian artikan, misalnya: aliansi  berasal dari kata alliance yang memiliki arti persekutuan, kemudian lanskap berasal dari kata landscape yang artinya pemandangan di tanah yang membentang.
  3. Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip atau bahkan sama dengan soal. Meskipun tidak sepenuhnya salah namun sebagian besar jawaban tersebut tidak tepat. Tipe-tipe soal seperti ini sering menjebah jika kita tidak hati-hati.
Dibawah ini tes soal kemampuan verbal kategori sinonim dengan jumlah 30 item dalam website proprofs.com. Setiap mengerjakan satu saoal maka akan langsung mendapatkan keputusan benar atau salah dan disertai dengan penjelasan jawaban yang benar. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal ini yaitu selama 15 menit, dan itu artinya setiap satu soal anda harus mengerjakannya maksimal 0.5 menit. Di akhir tes akan ada hasil keseluruhan score yang diperoleh dan akan mengetahui pemahaman kosakata anda dalam kategori sinonim. Berikut soal tes kemampuan verbal kategori sinonim:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru