Kamis, 12 Juni 2014

Pantai Indrayanti atau Pulang Sawal

      

     
            Pantai Pulang Sawal atau disingkat dengan Pantai Pulsa adalah salah satu pantai yang menarik dan eksotis berada di daerah Gunung Kidul. Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. 





          Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.








Image : FAB
Descriptions: Wikipedia

Dari Sekian banyak pariwisata pantai, jogja adalah salah satu tempat yang memiliki pantai yang indah. salah satunya adalah pantai yang terkenal dengan nama indrayanti. Bagaimana tidak menarik, ini adalah pantai laut lepas dimana ketika kita memandang ke arah laut disitulah tempat para monster laut berada yang sangat jarang dikunjungi manusia. Desiran ombak yang membuat dentuman keras ketika menerjang karang membuat bulukuduk merinding. Pecahan karang, tulang belulang, dan cangkang telur yang membentuk pasir putih nan indah membuat hati terasa senang seakan ingin kembali. Itulah pesona indahnya pantai laut lepas yang kaya akan keindahan dan keagungan tuhan sang pencipta alamsemesta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...