Jumat, 03 Mei 2024

Mengenal kompetensi numerasi pendidik

Para guru tentu sudah tidak asing dengan kata numerasi, namun Apakah sudah mengetahui kompetensi numerasi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru? numerasi merupakan hal yang lekat sekali dengan dunia pendidikan. Saat ini para guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi didiknya hal tersebut dapat diukur salah satunya dengan pencapaian kompetensi numerasi dalam rapor pendidikan. Cobalah lihat lagi kompetensi numerasi di rapor pendidikan di satuan pendidikan masing-masing Apakah pada jenjang Mahir cakap Dasar atau perlu intervensi khusus agar kita dapat memberikan penanganan yang tepat. tekhnik dan kompetensi numerasi guru berdasarkan peraturan direktur jenderal guru dan tenaga kependidikan kemendikbudristek yaitu pendidik perlu memiliki kompetensi numerasi yang mencakup kemampuan guru untuk mendampingi peserta didiknya dalam mengakses menggunakan menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi dan ide matematika untuk mengelola berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi numerasi guru terdiri dari tiga model kategori kompetensi atau dimensi yaitu:
  1. pengetahuan profesional numerasi, guru diharapkan memahami pengetahuan dan pengalaman numerasi yang dimiliki oleh peserta didik Selain itu guru juga harus memahami konsep numerasi termasuk membedakan numerasi dengan matematika serta pentingnya numerasi dalam mata pelajaran non Matematika.
  2. praktik pembelajaran profesional numerasi, guru diharapkan memiliki kompetensi yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan numerasi dalam setiap mata pelajaran. guru juga perlu memahami bagaimana menciptakan dan menata lingkungan belajar yang dapat mendukung penguatan kompetensi numerasi peserta didik.
  3. pengembangan profesi numerasi, guru diharapkan memiliki keyakinan bahwa numerasi merupakan hal yang penting dan harus dikembangkan baik secara pribadi maupun secara komunitas baik di sekolah maupun di luar sekolah. Guru juga perlu meyakini bahwa semua peserta didik dapat mempelajari numerasi dan kepekaan numerasi guru.

Setiap dimensi tersebut memiliki indikator per jenjang yang dapat digunakan oleh guru untuk mengukur tingkat kompetensi numerasi. Guru juga dapat mengukur apakah kemampuan tersebut berada pada tingkat kompetensi numerasi berkembang layak cakap atau Mahir.

Melihat penjelasan deskripsi di atas, manakah posisi guru? Apakah pada tahap berkembang layak cakap atau Mahir. Pada praktiknya pemahaman terhadap tingkat kompetensi numerasi yang dimiliki dapat digunakan untuk beberapa tujuan berikut Namun kita juga perlu Mengingat bahwa muara dari perubahan ini adalah peserta didik yaitu:

  1. Merancang pengembangan diri berkelanjutan guru terkait peningkatan kompetensi numerasi.
  2. Merancang pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik.
  3. Membangun kesadaran dalam komunitas terkait pentingnya komptensi numerasi.

Oleh karena itu peningkatan kompetensi peserta didik akan muncul saat guru mau terus belajar dan meningkatkan kompetensinya.    

  • Referensi: Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nomor 0340/B/HK.01.03/2022 tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru
  • Latihan Pemahaman: Kompetensi numerasi guru adalah hal yang harus dimiliki oleh guru matematika saja. Pernyataan di atas adalah salah.
  • Cerita reflektif:  Setelah berefleksi akan kemampuan numerasi saya, saya rasa kemampuan numerasi saya ada di tahap (pilih dan tuliskan jawabannya: berkembang/layak/cakap dan mahir).
  • Post Test Soal :

a)  Hal yang tidak seharusnya dilakukan guru terkait kompetensi numerasi adalah menyadari bahwa pengembangan diri tidak diperlukan selama sudah bisa materi matematika.

b) Dimanapun kemampuan guru dalam kompetensi numerasi, mereka dapat meningkatkan kemampuan numerasinya. Pernyataan di atas adalah benar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Pembahasan Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A disertai dengan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif, ser...

Postingan Populer