- pengetahuan profesional numerasi, guru diharapkan memahami pengetahuan dan pengalaman numerasi yang dimiliki oleh peserta didik Selain itu guru juga harus memahami konsep numerasi termasuk membedakan numerasi dengan matematika serta pentingnya numerasi dalam mata pelajaran non Matematika.
- praktik pembelajaran profesional numerasi, guru diharapkan memiliki kompetensi yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan numerasi dalam setiap mata pelajaran. guru juga perlu memahami bagaimana menciptakan dan menata lingkungan belajar yang dapat mendukung penguatan kompetensi numerasi peserta didik.
- pengembangan profesi numerasi, guru diharapkan memiliki keyakinan bahwa numerasi merupakan hal yang penting dan harus dikembangkan baik secara pribadi maupun secara komunitas baik di sekolah maupun di luar sekolah. Guru juga perlu meyakini bahwa semua peserta didik dapat mempelajari numerasi dan kepekaan numerasi guru.
Setiap dimensi tersebut memiliki indikator per jenjang yang dapat digunakan oleh guru untuk mengukur tingkat kompetensi numerasi. Guru juga dapat mengukur apakah kemampuan tersebut berada pada tingkat kompetensi numerasi berkembang layak cakap atau Mahir.
Melihat
penjelasan deskripsi di atas, manakah posisi guru? Apakah pada tahap berkembang
layak cakap atau Mahir. Pada praktiknya pemahaman terhadap tingkat kompetensi
numerasi yang dimiliki dapat digunakan untuk beberapa tujuan berikut Namun kita
juga perlu Mengingat bahwa muara dari perubahan ini adalah peserta didik yaitu:
- Merancang
pengembangan diri berkelanjutan guru terkait peningkatan kompetensi
numerasi.
- Merancang
pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kompetensi numerasi peserta
didik.
- Membangun
kesadaran dalam komunitas terkait pentingnya komptensi numerasi.
Oleh karena itu peningkatan kompetensi peserta didik akan muncul saat guru mau terus belajar dan meningkatkan kompetensinya.
- Referensi: Peraturan
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nomor
0340/B/HK.01.03/2022 tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi
Guru
- Latihan
Pemahaman: Kompetensi numerasi guru adalah hal yang
harus dimiliki oleh guru matematika saja. Pernyataan di atas adalah salah.
- Cerita
reflektif: Setelah
berefleksi akan kemampuan numerasi saya, saya rasa kemampuan numerasi saya
ada di tahap (pilih dan tuliskan jawabannya: berkembang/layak/cakap dan
mahir).
- Post
Test Soal :
a) Hal yang tidak seharusnya dilakukan guru
terkait kompetensi numerasi adalah menyadari bahwa pengembangan diri tidak
diperlukan selama sudah bisa materi matematika.
b) Dimanapun kemampuan guru dalam kompetensi
numerasi, mereka dapat meningkatkan kemampuan numerasinya. Pernyataan di atas
adalah benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar