Jigsaw pertama kali dikembangkan oleh Aronson. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal (Isjoni 2010: 54). Dalam konsep jigsaw, semua siswa harus bisa mendapatkan kesempatan dalam proses belajar supaya semua pemikiran siswa dapat diketahui (Amri dan Ahmadi 2010: 180).
Karakteristik Jigsaw
Karakteristik Jigsaw
- Siswa dibuat beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang.
- Setiap kelompok diberi informasi yang membahas salah satu topik dari materi.
- Siswa bekerja kelompok selama dua kali.
- Perkumpulan siswa yang memiliki bagian informasi yang sama dikenal dengan istilah kelompok “ahli”.
- Materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian
Kelebihan Metode Jigsaw
- Kelebihan strategi ini yaitu dapat melibatkan seluruh siswa dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain (Zaini dkk 2008:56).
- Model jigsaw dapat digunakan secara efektif di tiap level, di mana siswa telah mendapatkan keterampilan akademis dari pemahaman, membaca atau keterampilan kelompok untuk belajar bersama (Isjoni 2011: 58).
Unduh file PDF
Unduh file PPT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar