Jarimatika

Jarimatika merupakan perhitungan menggunakan media tangan sendiri. Tujuan dalam penggunaan jarimatika adalah untuk mempermudah siswa dalam berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Pembelajaran jarimatika juga pentik diterapkan pada anak dalam proses perkembangan karena sangat bagus untuk melatih otak dan jemari si anak.



Siswa mulai dari sejak dini harus diajarkan jarimatika, mengingat jarimatika adalah media yang sangat mudah yaitu menggunakan tangan sendiri. Selain praktis penggunaan jarimatika juga dianjurkan agar siswa bisa melatih kecerdasan otak dengan cara berhitung dengan jari dan mengingat. 


Berikut adalah beberapa contoh perkalian menggunakan jarimatika:
 Perkalian dengan jari 6x6 sampai 9x6






Perkalian dengan jari  6x7 sampai 9x7



Perkalian dengan jari 6x8 sampai 9x8





Perkalian dengan jari 6x9 sampai 9x9




 Semoga Bermanfaat.
+Azmi Faisal
@faisalazmi648

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru