Implementasi model jigsaw pada materi Bagian dan fungsi tumbuhan

Jigsaw pertama kali dikembangkan oleh Aronson. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal (Isjoni 2010: 54). Dalam konsep jigsaw, semua siswa harus bisa mendapatkan kesempatan dalam proses belajar supaya semua pemikiran siswa dapat diketahui (Amri dan Ahmadi 2010: 180).



Karakteristik Jigsaw
  1. Siswa dibuat beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang.
  2. Setiap kelompok diberi informasi yang membahas salah satu topik dari materi.
  3. Siswa bekerja kelompok selama dua kali.
  4. Perkumpulan siswa yang memiliki bagian informasi yang sama dikenal dengan istilah kelompok “ahli”.
  5. Materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian

Kelebihan Metode Jigsaw
  1. Kelebihan strategi ini yaitu dapat melibatkan seluruh siswa dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain (Zaini dkk 2008:56).
  2. Model jigsaw dapat digunakan secara efektif di tiap level, di mana siswa telah mendapatkan keterampilan akademis dari pemahaman, membaca atau keterampilan kelompok untuk belajar bersama (Isjoni 2011: 58).
Untuk lebih jelasnya bisa melihat teks di bawah ini:



Unduh file PDF
Unduh file PPT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru