Dibawah ini merupakan sebuah struktur silabus KTSP yang dikembangkan berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar suata mata pelajaran. Silabus ini memiliki format sebagai berikut:
A.
IDENTITAS SILABUS
1.
Nama Sekolah : SD …
2.
Mata Pelajaran : IPS SD/MI
3.
Kelas/Semester : VI/1
4.
Standar Kompetensi
: Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
B. KOMPETENSI DASAR ( Pertama)
1.
Mendeskripsikan perkembangan
sistem administrasi wilayah Indonesia.
C. MATERI POKOK
1. Perubahan
sistem administrasi Wilayah Indonesia.
D.
PENGALAMAN
BELAJAR:
1.
Mengetahui perkembangan jumlah
provinsi di Indonesia.
2.
Mengetahui batas wilayah laut
teritorial Indonesia.
E.
INDIKATOR
1.
Menguraikan perkembangan jumlah
provinsi di Indonesia.
2.
Menjelaskan keadaan alam, batas
wilayah, dan tempat-tempat penting di masingmasing provinsi.
3.
Menyebutkan wilayah laut
teritorial Indonesia.
F.
PENILAIAN
1.
Tes tertulis, lisan, dan
penugasan.
G.
ALOKASI
WAKTU
2.
15 x 35 menit.
H.
SUMBER
BAHAN ATAU ALAT
1. Buku Cakrawala Pengetahuan
Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga
Serangkai, Peta Indonesia, Peta Dunia, dan Globe.
ANALISIS
DATA SILABUS
Dari bagian silabus kelas 6 semester
1 di atas dapat di analisis sebagai berikut:
A.
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.
B.
Indikator :
1.
Menguraikan perkembangan jumlah
provinsi di Indonesia.
a.
Metode yang digunakan adalah :
1) Ceramah
yaitu Guru menjelaskan perkembangan jumlah provinsi di Indonesia, secara
singkat.
2) Information
Search (Mencari Informasi), yaitu guru menyuruh siswa untuk menguraikan
perkembangan jumlah provinsi di indonesia pada saat sekarang. Dimana peserta
didik mencari informasi sendiri lewat sumber belajar.
b.
Media yang digunakan adalah :
1) Buku Cakrawala Pengetahuan
Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga
Serangkai,
2) Peta
Indonesia,
3) Peta
Dunia, dan
4) Globe.
c. Pendekatan yang digunakan
adalah :
1) Dalam indikataor yang
menggunakan metode ceramah dan Information Search dapat diketahui bahwa
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kognitif dimana seorang guru
memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa untuk
dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan siswa
untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
2.
Menjelaskan keadaan alam, batas
wilayah, dan tempat-tempat penting di masing-masing provinsi.
a.
Metode yang digunakan adalah:
1)
Ceramah yaitu guru menjelaskan
tentang pembelajaran apa yang akan di berikan kepada peserta didik dan guru
juga memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan di ajarkan.
2)
Jigsaw, yaitu strategi kerja
kelompok yang terstruktur didasarkan pada kerjasama dan tanggungjawab. Dimana kelas
diatur ke dalam sejumlah kelompok, kemudian tiap-tiap kelompok mendiskusikan
keadaan alam, batas wilayah dan tempat-tempat prnting di profinsi yang sudah di
berikan oleh guru. Dan selanjutnya masing-masing kelompok disuruh untuk
menyimpulkan dan menjelaskan hasil dari diskusi kelompok tersebut.
b.
Media yang digunakan adalah :
1) Peta
Dunia.
2) Peta
Indonesia.
3) Buku Cakrawala Pengetahuan
Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga
Serangkai.
4) Atlas,
dan atau Globe.
c. Pendekatan yang digunakan
adalah :
Pendekatan yang digunakan
dalam indikator diatas adalah menggunakan pendekatan Kognitif dimana seorang
guru memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa untuk
dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan siswa
untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
3.
Menyebutkan wilayah laut
teritorial Indonesia.
a.
Metode yang digunakan adalah:
1)
Information Search (Mencari
Informasi), yaitu guru menyuruh siswa untuk menyebutkan wilayah laut teritorial
Indonesia. Dimana peserta didik mencari informasi sendiri lewat sumber belajar.
2)
Everyone is Teacher Here (Semua
adalah pendidik/ Guru), dimana siswa menjadi guru yang mampu menyebutkan
wilayah laut teritorial Indonesia kepada
peserta didik atau siswa yang lain.
b.
Media yang digunakan adalah :
1) Peta
Dunia.
2) Peta
Indonesia.
3) Buku Cakrawala Pengetahuan
Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga
Serangkai.
4) Atlas,
dan atau Globe.
c. Pendekatan yang digunakan
adalah
Pendekatan yang
digunakan dalam indikator diatas adalah menggunakan pendekatan Kognitif dimana
seorang guru memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa
untuk dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan
siswa untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
C.
Evaluasi
1.
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara
memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
a.
Gunung tertinggi di negara
Brunei Darussalam adalah Gunung . . . .
1)
Doi Inthanon 3)
Pagon
2)
Bia 4)
Krakatau
b.
Negara bagian yang terdapat di
negara Malaysia wilayah bagian timur adalah . . . .
1)
Serawak 3) Johor
2)
b. Selangor 4) Pahang
c.
Singapura memperoleh
kemerdekaan dari Inggris pada tahun. . . .
1)
1958 3)
1960
2)
1959 4)
1961
d.
Sungai yang mengalir di
Thailand adalah . . . .
1)
Musi 3)
Irawadi
2)
Chao Phraya 4) Mekong
e.
Ibu kota negara Filipina adalah
. . . .
1)
Kuala Lumpur 3)
Vientiane
2)
Phnom Penh 4) Manila
f.
Batas utara negara Vietnam
yaitu . . . .
1)
Cina 3)
Kamboja
2)
Laos 4)
Laut Cina Selatan
g.
Negara Kamboja pernah dijajah
oleh . . . .
1)
Inggris 3) Belanda
2)
Prancis 4)
Spanyol
h.
Kepala pemerintahan negara
Myanmar adalah . . . .
1)
raja 3)
presiden
2)
perdana menteri 4)
sultan
i.
Industri di Laos masih terbatas
pada . . . .
1) makanan
3) minuman
2) minyak
bumi 4)
kayu
j.
Sebagian besar bentang alam
Timor Leste berbentuk . . . .
1) pegunungan
3) dataran tinggi
2) dataran
rendah 4)
pantai
1.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
a. Sungai
terpanjang di Brunei Darussalam adalah . . . .
b. Ibu
kota negara Malaysia adalah . . . .
c. Singapura
mempunyai pemerintahan berbentuk . . . .
d. Kepala
negara Thailand adalah . . . .
e. Wilayah
Vietnam didominasi oleh dataran . . . .
2. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan
jelas!
a. Sebutkan
beberapa produk ekspor negara Brunei Darussalam!
b. Penduduk
Malaysia berasal dari keturunan mana saja?
c. Jelaskan
pembagian empat wilayah di negara Thailand!
d. Sebutkan
dua pegunungan di Filipina!
e. Sebutkan
hasil pertanian dan pertambangan di Kamboja!
3. Uji Keterampilan
Amatilah peta
negara-negara tetangga Indonesia. Kemudian catatlah kenampakan alam yang
menonjol pada masing-masing negara tetangga tersebut. Buatlah dalam bentuk
kolom!
D.
Penilaian
- Tertulis (Aspek Kognitif), Guru
memberikan ulangan tertulis kepada siswa. Soal-soal ulangan dapat dibuat
sendiri. Siswa yang mampu diberi soal tambahan. Misalnya, Sungai terpanjang di Brunei
Darussalam adalah, Ibu kota negara Malaysia adalah atau Singapura mempunyai
pemerintahan berbentuk? Siswa yang relatif belum mampu dapat mengerjakan tugas
yang telah ada.
- Portofolio, Lembar penugasan dapat
dilihat pada lembar tugas portofolio. Bentuk portofolio yang lain misalnya
Penduduk Malaysia berasal dari keturunan mana saja?, atau Sebutkan hasil
pertanian dan pertambangan di Kamboja!
- Penugasan, Amatilah peta negara-negara tetangga Indonesia. Kemudian catatlah kenampakan alam yang menonjol pada masing-masing negara tetangga tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar