Kamis, 12 Januari 2012

SILABUS IPS KELAS VI/1

Dibawah ini merupakan sebuah struktur silabus KTSP yang dikembangkan berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar suata mata pelajaran. Silabus ini memiliki format sebagai berikut:



A.      IDENTITAS SILABUS
1.   Nama Sekolah : SD …
2.   Mata Pelajaran : IPS SD/MI
3.   Kelas/Semester : VI/1
4.   Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
B.      KOMPETENSI DASAR ( Pertama)
1.   Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.
C.      MATERI POKOK
1.   Perubahan sistem administrasi Wilayah Indonesia.
D.      PENGALAMAN BELAJAR:
1.   Mengetahui perkembangan jumlah provinsi di Indonesia.
2.   Mengetahui batas wilayah laut teritorial Indonesia.
E.       INDIKATOR
1.   Menguraikan perkembangan jumlah provinsi di Indonesia.
2.   Menjelaskan keadaan alam, batas wilayah, dan tempat-tempat penting di masingmasing provinsi.
3.   Menyebutkan wilayah laut teritorial Indonesia.
F.       PENILAIAN
1.   Tes tertulis, lisan, dan penugasan.
G.      ALOKASI WAKTU
2.   15 x 35 menit.
H.      SUMBER BAHAN ATAU ALAT
1.     Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga Serangkai, Peta Indonesia, Peta  Dunia, dan Globe.

ANALISIS DATA SILABUS

Dari bagian silabus kelas 6 semester 1 di atas dapat di analisis sebagai berikut:
A.     Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.
B.     Indikator :
1.      Menguraikan perkembangan jumlah provinsi di Indonesia.
a.       Metode yang digunakan adalah :
1)     Ceramah yaitu Guru menjelaskan perkembangan jumlah provinsi di Indonesia, secara singkat.
2)     Information Search (Mencari Informasi), yaitu guru menyuruh siswa untuk menguraikan perkembangan jumlah provinsi di indonesia pada saat sekarang. Dimana peserta didik mencari informasi sendiri lewat sumber belajar.
b.      Media yang digunakan adalah :
1)     Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga Serangkai,
2)     Peta Indonesia,
3)     Peta Dunia, dan
4)      Globe.
c.      Pendekatan yang digunakan adalah :
1)    Dalam indikataor yang menggunakan metode ceramah dan Information Search dapat diketahui bahwa pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kognitif dimana seorang guru memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa untuk dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan siswa untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
2.      Menjelaskan keadaan alam, batas wilayah, dan tempat-tempat penting di masing-masing provinsi.
a.       Metode yang digunakan adalah:
1)      Ceramah yaitu guru menjelaskan tentang pembelajaran apa yang akan di berikan kepada peserta didik dan guru juga memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan di ajarkan.
2)      Jigsaw, yaitu strategi kerja kelompok yang terstruktur didasarkan pada kerjasama dan tanggungjawab. Dimana kelas diatur ke dalam sejumlah kelompok, kemudian tiap-tiap kelompok mendiskusikan keadaan alam, batas wilayah dan tempat-tempat prnting di profinsi yang sudah di berikan oleh guru. Dan selanjutnya masing-masing kelompok disuruh untuk menyimpulkan dan menjelaskan hasil dari diskusi kelompok tersebut.
b.      Media yang digunakan adalah :
1)      Peta Dunia.
2)      Peta Indonesia.
3)       Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga Serangkai.
4)      Atlas, dan atau Globe.
c.     Pendekatan yang digunakan adalah :
Pendekatan yang digunakan dalam indikator diatas adalah menggunakan pendekatan Kognitif dimana seorang guru memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa untuk dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan siswa untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
3.      Menyebutkan wilayah laut teritorial Indonesia.
a.       Metode yang digunakan adalah:
1)      Information Search (Mencari Informasi), yaitu guru menyuruh siswa untuk menyebutkan wilayah laut teritorial Indonesia. Dimana peserta didik mencari informasi sendiri lewat sumber belajar.
2)      Everyone is Teacher Here (Semua adalah pendidik/ Guru), dimana siswa menjadi guru yang mampu menyebutkan wilayah laut teritorial Indonesia kepada  peserta didik atau siswa yang lain.
b.      Media yang digunakan adalah :
1)     Peta Dunia.
2)     Peta Indonesia.
3)     Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 6A. Terbitan PT Tiga Serangkai.
4)     Atlas, dan atau Globe.
c.     Pendekatan yang digunakan adalah
Pendekatan yang digunakan dalam indikator diatas adalah menggunakan pendekatan Kognitif dimana seorang guru memulainya dengan mengajukan suatu situasi teka-teki kepada siswa untuk dipecahkan. Dan guru menyajikan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan siswa untuk terjadinya konfrontasi intelektual.
C.     Evaluasi
1.      Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
a.        Gunung tertinggi di negara Brunei Darussalam adalah Gunung . . . .
1)   Doi Inthanon     3)  Pagon
2)   Bia                               4)  Krakatau
b.       Negara bagian yang terdapat di negara Malaysia wilayah bagian timur adalah . . . .
1)   Serawak                       3)  Johor
2)   b. Selangor                   4)  Pahang
c.        Singapura memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun. . . .
1)   1958                            3)  1960
2)   1959                            4)  1961
d.       Sungai yang mengalir di Thailand adalah . . . .
1)   Musi                             3)  Irawadi
2)   Chao Phraya                4)  Mekong
e.        Ibu kota negara Filipina adalah . . . .
1)   Kuala Lumpur 3)  Vientiane
2)   Phnom Penh                 4)  Manila
f.         Batas utara negara Vietnam yaitu . . . .
1)   Cina                             3)  Kamboja
2)   Laos                             4)  Laut Cina Selatan
g.        Negara Kamboja pernah dijajah oleh . . . .
1)   Inggris              3)  Belanda
2)   Prancis                         4)  Spanyol
h.        Kepala pemerintahan negara Myanmar adalah . . . .
1)   raja                              3)  presiden
2)   perdana menteri            4)  sultan
i.          Industri di Laos masih terbatas pada . . . .
1)       makanan                     3)  minuman
2)       minyak bumi               4)  kayu
j.         Sebagian besar bentang alam Timor Leste berbentuk . . . .
1)   pegunungan                  3)  dataran tinggi
2)   dataran rendah             4)  pantai
1.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
a.       Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah . . . .
b.      Ibu kota negara Malaysia adalah . . . .
c.       Singapura mempunyai pemerintahan berbentuk . . . .
d.      Kepala negara Thailand adalah . . . .
e.       Wilayah Vietnam didominasi oleh dataran . . . .
2.    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
a.       Sebutkan beberapa produk ekspor negara Brunei Darussalam!
b.      Penduduk Malaysia berasal dari keturunan mana saja?
c.       Jelaskan pembagian empat wilayah di negara Thailand!
d.      Sebutkan dua pegunungan di Filipina!
e.       Sebutkan hasil pertanian dan pertambangan di Kamboja!
3.    Uji Keterampilan
Amatilah peta negara-negara tetangga Indonesia. Kemudian catatlah kenampakan alam yang menonjol pada masing-masing negara tetangga tersebut. Buatlah dalam bentuk kolom!
D.     Penilaian

  1. Tertulis (Aspek Kognitif), Guru memberikan ulangan tertulis kepada siswa. Soal-soal ulangan dapat dibuat sendiri. Siswa yang mampu diberi soal tambahan. Misalnya, Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah, Ibu kota negara Malaysia adalah atau Singapura mempunyai pemerintahan berbentuk? Siswa yang relatif belum mampu dapat mengerjakan tugas yang telah ada.
  2. Portofolio, Lembar penugasan dapat dilihat pada lembar tugas portofolio. Bentuk portofolio yang lain misalnya Penduduk Malaysia berasal dari keturunan mana saja?, atau Sebutkan hasil pertanian dan pertambangan di Kamboja!
  3. Penugasan, Amatilah peta negara-negara tetangga Indonesia. Kemudian catatlah kenampakan alam   yang menonjol pada masing-masing negara tetangga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...