Dibawah ini merupakan contoh RPP KTSP yang dikembangkan pada tahun 2014 untuk kepentingan penelitian. RPP ini dikembangkan sesuai standar kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP. Terdapat kemungkinan bahwa format perancangan RPP akan selalu berubah dan berkembang seiring dengan perubahan kurikulum.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
STRATEGI TEAMS GAMES TOURAMENT BERBASIS ELEKTRO
Sekolah : SD Al-Islam 2 Jamsare Surakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 1-2
Alokasi waktu : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi :
5.Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
Kompetensi Dasar :
5.4 Melakukan operasi hitung campuran
Indikator
1. Kognitif
- Menyebutkan besar kecil pada bilangan bulat positif dan negatif.
- Menjelaskan cara Menghitung operasi hitung campuran dengan garis bilangan.
- Menjawab pertanyaan mengenai operasi hitung campuran.
- Memilih pertanyaan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
- Memilih jawaban yang benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
- Memperbaiki jawaban yang belum benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
1. Kognitif
- Dengan menyebutkan besar kecil pada bilangan bulat positif dan negatif siswa menjadi giat dan berkerja keras.
- Dengan menjelaskan cara menghitung operasi hitung campuran siswa menjadi lebih percaya diri.
- Dengan menjawab pertanyaan mengenai operasi hitung campuran siswa menjadi lebih berani dan mandiri.
- Dengan memilih pertanyaan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat, rasa ingin tahu siswa meningkat dan siwa menjadi lebih disiplin.
- Dengan memilih jawaban yang benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih berani.
- Dengan memperbaiki jawaban yang belum benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih bertanggung jawab.
- BAB ke lima yaitu bilangan bulat.
- Sub BAB operasi hitung campuran.
- Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, ceramah interaktif, dan kelompok.
- Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kontekstual berbasis Elektro.
- Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi Teams Games Tournament berbasis Elektro.
1. Kegiatan awal
- Guru membuka pelajaran dengan salam.
- Guru menanyakan kabar siswa.
- Siswa dan guru berdoa bersama.
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Siswa diminta mendengarkan informasi materi yang disampaikan oleh guru.
- Siswa diminta memperhatikan guru ketika menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Siswa ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan apresepsi.
- Eksplorasi
- Guru mulai melibatkan siswa mengenali kompetensi yang ingin dicapai dan mencari sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan (Guru menyiapkan media pembelajaran berbasis elektronik).
- Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
- Siswa diminta memperhatikan cara kerja media pembelajaran elektronik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
- Elaborasi
- Buat kelompok siswa heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan atau mekanisme kegiatan.
- Beri nama kelompok seperti nama ropbot, mobil-mobilan, handphone, dll.
- Siapkan meja turnamen secukupnya , misal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.
- Meja I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya sampai meja ke-X ditempati oleh siswa yang levelnya paling rendah.
- Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu adalah hasil kesepakatan kelompok.
- Selanjutnya adalah pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan dalam media Elektronik tersebut dengan memecet tombol dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu (misal 3 menit).
- Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal.
- Siswa yag telak selesai megerjaka soal bisa memahami materi yag terdapat dalam kartu elektroik.
- Konfirmasi
- Siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya diberikan sebutan (gelar) superior, very good, good, medium.
- Selanjutnya, pada turnamen kedua (begitu juga untuk turnamen ketiga-keempat dst.), dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.
- Pada akhir kegiatan kelompok siswa yang memiliki point terbanyak akan mendapatkan sebuah cips yang nantinya berfungsi untuk mengambil reward pada media elektronik tersebut.
- Siswa bersama guru menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi operasi hitung campuran yang belum dimengerti.
- Siswa selanjutnya mengerjakan lembar evaluasi.
- Guru menyampaikan pesan moral
- Siswa dan guru bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah.
- Media Pembelajaran
- Kartu Elektronik
- Garis bilangan Elektronik
- Media TGT Elektro
- Sumber Pembelajaran
- Sugiyanti Sri, dkk. 2009. Matematika untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Mustaqim Burham, Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Dengan tes
- Dengan sekala sikap (Non tes)
- Materi
- Soal
- Kunci Jawaban
- Penilaian
bisa liat fotonya kartu elektronik dan media elektro TGT nya seperti apa?
BalasHapus