Minggu, 21 Januari 2024

Sosialisasi Peningkatan Disiplin PTK Melalui Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Senin, 22 Januari 2024. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Brebes melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Disiplin PTK Melalui Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). 




Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Pak Rianto selaku Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan serta memberikan arahan agar perubahan dalam penyelesaian SKP jangan sampai lupa dengan tugas utama sebagai guru. Menanggapi beredarnya iformasi di tiktiok terkait video yang mengandung informasi bahwa Ekinerja PMM membuat guru sibuk dengan E Kinerja dan webbinar sehingga lupa murid dan keluarga. "Hal hal negatif tersebut sebenarnya menjadi tantangan bagi seorang guru guna proses pemoderenisasi digital dalam bidang pendidikan dan bagaimana seorang guru juga mampu memanajemen permasalahan ini sebagai tantangan sebagai seorang guru yang melek teknologi dan mampu beradaptasi" tutur beliau. Selain memberi sambutan, beliau juga ingin adanya tindak lanjut dan laporannya terkait kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan guru penggerak per angkatan, MGMP, FKKG, dan K3S kabupaten brebes ini supaya berdampak di kecamatan masing-masing. 

Diawali dengan disajikannya progres pengisian SKP guru melalui PMM yang diambil 22 Januari 2024, pukul 08.08 WIB menunjukkan di brebes guru yang membuat draf sebesar 78,90%, dan mengajukan draf sebanyak 54,13%. BBGP menyebutkan bahwa pemerintah sekarang ingin mengubah pradigma bahwa orientasi E-kinerja bukan hanya soal sertifikat/ Adminsitratif saja melainkan apa kompetensi yang di dapat dari kegiatan pengembangan tersebut. Sekali lagi yang disampaikan oleh pihak BBGP adalah merubah Mindset bahwa guru jangan menjadi kolektor sertifikat, guru harus fokus pada kompetensi yang di dapat.

Pimpinan menilai Praktik kinerja dan perilaku dan yang pemngembangan kompetensi adalah sebagai penunjang atau bahan pertimbangan pimpinan untuk memberikan nilai Sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. 

Siklus Peningkatan KInerja Pegawai:

  • Diskusi Pesiapan, Mencakup kompetensi apa yang ingin di tingkatkan, bagaimana rencananya (perangkat ajar).
  • Obeservasi Kinerja, Kepala Ssekolah mengamati proses pembelajaran di sekolah sambil mencatat dan mendokumentasikan.
  • Diskusi Tindak Lanjut, melakukan diskusi pasca observasi antara guru dan pimpinan seklaku observer.
  • Upaya tindak lanjut, melakuak perbaikan daripada kekurangan yang ada pada proses observasi dan temuan-temuan dari hasil diskusi tindak lanjut.
  • Refleksi Tindak Lanjut, Melakukan perbaikan dan membuat program kedepan agar apa yang sudah baik dipertahankan dan yang belum baik di perbaiki.

Perlu di ingat bahwa dalam penilaian jika guru dinilai sangat baik maka pimpinannya harus memiliki nilai sangat baik sehingga ada singkronisasi antara kompetensi bawahan dan atasan. 

Terdapat beberapa pertanyaan terkait kegiatan ini;

  1. bagaimana sekolah yang memiliki pegawai administrasi yang tidak bisa akses ke PMM, apakah kepala sekolah mengerjakan e kinerja PMM untuk menilai kinerja guru dan e kinerja BKN untuk menilai ASN Adminsitrasi? jawabannya adalah sementara ini pemerintah sedang mengerjakan regulasi ini tapi untuk sementara waktu kepala sekolah membuat ekinerja PMM dan BKN.
  2. Terkait kepala sekolah yang mengampu 2 sekolah, atau sekolah definitif bagaimana dalam melakukan observasi, refleksi umpan balik, dan lain sebagainya? jawaabannya adalah nanti setiap bulan akan ada bimbingan dari BBGP lewat sosial media, sementara ini di bulan januari kepala sekolah fokus melakukan persetujuan bawahan dan membuat atau mengisi E-Kinerja PMM.

Penjelasan-penjelasan berikutnya pada acara ini secara terperinci terdapat pada modul panduan yang bisa dapat di unduh di link di bawah ini, atau berkunjung ke situs

  1. PERDIRJEN GTK NO 7607/B.B1/HK.03/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah
  2. SEB NO 17 DAN NO 09 2023 Tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja ASN Guru
  3. Panduan Substansi Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah
  4. Fitur Pengelolaan Kinerja
  5. Pusat Informasi Pengelolaan Kinerja
  6. Infografik pengelolaan kinerja guru
  7. Panduan Teknis Fitur Pengelolaan Kinerja - Untuk Guru
  8. Panduan Teknis Fitur Pengelolaan Kinerja - Untuk Atasan
  9. Infografik Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah
  10. Panduan Teknis Fitur Pengelolaan KInerja - Untuk Kepala Sekolah 

Terimkasaih (FAB)

Sumber : https://kkgsekbin4.blogspot.com/2024/01/sosialisasi-peningkatan-disiplin-ptk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...