Rabu, 12 September 2012

Penelitian

-->

Sekilas tentang penelitian

Beberapa alasan engpa manusia melakukankegiaan penelitian. Secara ilmah dikarenakan bahwa :

<!--[if !supportLists]-->1.       <!--[endif]-->Pengetahuan manusia itu terbatas dan banyak yang tidak di ketahui dan itu membuat manusia penasaran dan ketakutan.  Hal ini membuat manusia untuk melakukan penelitian agar rasa penasaran dan ketakutan segera terselsaikan.

<!--[if !supportLists]-->2.       <!--[endif]-->Manusia memilki dorongan yang kuat untuk mengetahui, memahami dan mengemangkan diri. Agar ketiga dorongan  trsebut dapat terpenuhi dengan baik maka manusia tersebut harus melakukan penelitian yang lebih mendalam.

<!--[if !supportLists]-->3.       <!--[endif]-->Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari masalah dan kesuitan yang terjadi. Masalah dan kesulitan yang timbul baik dari diri sendiri maupun dari orang lain  itu membutuhkan penyelesain agar manusi tersebut terhindar dari kecemasan akibat masalah dan kesulitan yang menimpanya. Dan untuk menyelesaikan permasalahan dan kesulitan tersebut maka manusia harus melakukan sebuah penelitan.

<!--[if !supportLists]-->4.       <!--[endif]-->Manusia adalah mahluk yag tidak merasa puas akan apa yang mereka punya dan dapatkan. Dan untuk memenuhi kepuasan trsebut maka manusia melakukan penelitian agar apa yang mereka inginkan dapat tercapai.


Penelitian dapt didefinisikan sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan untuk mencapai jawaban dari suatu permasyalahan. Karena penelitian disebut juga seni maka mengakomdasi adanya perbedan tentang apa yang dimaksud penelitian.

Dimana karakteristik seni adalah berbeda-beda pendapat dan definisi tetapi masih satu tujuan yaitu memecahkan masalah unntuk memperjelas apa yang masih suram. Misalnya saja dalam satu skelas yang terdapat banyak siswa di suruh untuk menggambar pemandangan yang di inginkan oleh semua siswa. Dan hasil akhirya adalah gambar-gambar yang tidak akan sama dan antara siswa satu dengan siswa yang lain pasti memiliki perbedaan dalam gambar tersebut namun masih memiliki satu tujuan yaitu membuat pemandangan.

Penelitian juga bersifat ingkuiry dimana dengan pengamatan yang bertujuan untuk mencari jawaban dari permasyalahan yang akan dipecahan.  Kesimpulan dari nkuiry  yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu hal/ definisi/product  yang baru. Dan antonimnya adalah Disovery yang merupakan kegiatan penelitian untuk menemukan dan mengembangkan hal/product/definisi yang telah ada sebelumnya.

Dari deskripsi diatas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah proses pemecahan masalah dengan pengumpulan berbagai sumber data dan menganalisis data yang dialkukan dengan sistematis dan logis yang memiliki tujuan.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...