TARI


 TARI
A.    Pengertian
Tari merupakan salah suatu bagian dari kebudayaan yang berupa kegiatan menari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghibur seseorang dan juga menari yang dilaksanakan oleh suatu suku di suatu daerah bertujuan untuk upacara adat istiadat sebagai wujud terimakasih kepada yang maha kuasa ataupun sebagai sesembahan.

B.     Istilah tari di jawa
1.     Langgot Bowo (lingga ut bhava), langgot dapat diartikan sebagai solah/gerak, bowo adalah nyanyian, sedangkan lingga adalah keperkasaan/kesaktian dan bhava yaitu pencerahan. Istilah ini berasal dari bahasa kawi. Merupakan pencerahan keperkasaan/kesaktian syiva yang diwujudkan melalui 7 bidadari. Lingga adalah syiwa, dan yoni adalah bidadari, bertemunya lingga dan yoni menjadi kesuburan.
2.      Beksa disebut juga hambege rasa yang artinya watak/prilaku, Beksa ambeging kang esa pambeking kang ngawiji/ melenging rasa manunggaling kawula gusti.
3.      Joged, darikata jagad, menari adalah mempersonifikasikan dunia.
4.      Taya
5.   Tandak, dari kata ngledek, menggoda, merayu. Merupakan tarian yang berlangsung dari rumah ke rumah yang bertujuan untuk merayu. Penari akan memakai pakaian yang sekiranya dapat merayu laki-laki ataupun sebaliknya.
6.      Igel
7.      Solan bawa

C.     Contoh Tarian

 1.   Boyo Ketawang, merupakan tarian keraton yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali selama 1 jam. Tarian ini merupakan tarian keraton yang belum diperbolehkan di pentaskan di luar keraton solo. Boyo Ketawang termasuk tarian yang tergolong dalam kelas atas karena untuk menarikan tarian ini dibutuhkan wanita cantik dan ketika menari harus akurat, pakaian bersih dan khusus, kemudian penghayatan yang sangat mendalam. Semua atribut yang dipakai oleh penari khusus milik keraton.
Tarian ini sangat tradisional klasik dengan gerakan lambat kemudian kaki ketika melangkah selalu menyepak lembaran kain belakang penari yang menyentuh lantai. Ketika terjadi kerusakan atribut atau pakaian penari ketika sedang menari tidak langsung memperbaiki sendiri namun ada yang memperbaikinya yang disebut abdi dalem.

 2.  Selanjutnya adalah tarian ramayana, merupakan tarian yang diambil dari cerita ramayana yang mengisahkan tentang Rama, Sintha, dan Lasmana. Tarian ini terdiri atas 5 penari laki-laki dan 2 penari perempuan.

 D.    Istilah dalam tarian
Pada zaman dahulu terdapat isatilah lengger yang berasal dari kata leng dan nger. Leng diartikan sebagai lobang/yoni, yang melambangkan perempuan, dan nger melambangkan laki-laki.


1 comment: