Kegiatan Pramuka 2014 Bumiayu Brebes



Brebes, 25 Agustus 2014, telah diadakan keggiatan kemah di lapangan desa Pruatan Bumiayu brebes. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memperingati hari pramuka Indonesia. kegiatan ini diikuti oleh anak-anak SD/MI dan SMP/MTS selama tiga hari dua malam. Alhamdulillah selama kemah ini dilaksanakan masih berjalan lancar dan sangat menyenangkan terutama untuk para siswa-siswanya. 



Kegiatan ini sebenarnya adalah untuk melatih kemandirian siswa dan melatih jiwa sosial siswa agarmenjadi anak indonesia yang mampu menghadapi permasalahan dan bukan malah menghindar dari masalah. Kegiatan kemah ini sangat positif dan memang perlu dipelihara agar kelak kegiatan yang sudah menjadi tradisi ini tidak hilang begitu saja. Karena menurut kami penanaman pramuka itu perlu dilakukan sejak dini agar kelak anak-anak ini benar-benar jadi tulang punggung negara indonesia.



Kegiatan umum yang dilakukan selama tiga hari dua malam dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan umum, kegiatan rutin, dan kegiatan prestasi. Kegiatan umum yaituupacara pembukaan dan penutupan upacara Harka, Apel pagi sore, musyawarah regu, tali temali untuk SD membuat tandu, SMP membuat rak, tiang, jemuran, selanjutnya ada tekpram untuk SD KIM, Sandi, Yel-yel, SMP ada KIM, Sandi, dan langkah pramuka. Ada lagi untukkegiatan umum yaitu permainan, defile, pentas seni, pengetahuan pramuka, dan bumbung kemanusiaan. Untuk kegiatan rutin ada olah raga/ senam pagi, kebersihan tenda, dan sholet berjamaah tiap maghrib dan isya. Sedangkan Kegiatan prestasi untuk SD adalah lomba ketangkasan bola kranjang, lomba cepat tepat pramuka, dan lomba cerdas cermat agama. SMP ada lomba ketangkasan regu, lomba cepat tepat pramuka dan Hafidz Qur'an.



Kegiatan pramuka ini memang sudah rutin dilakukan setelah dilaksanakan ulang janji pramuka. seiring denganperjalanan waktu kegiatan pramuka di lapangan prutan menjadi rejeki tersebdiri bagi para bedagang yang menjajakan baik makanan, mainan maupun bahan-bahan/peralatan kebutuhan pramuka. Kegiatan ini akan menjadi sangat ramai pengunjung menjelang sore sampai malam hari karena orang tua sebagian besar akan berkunjung disini. jika di pagi dan siang hari kita benar-benar melihat ada kegiatan pramuka namun pada waktu sore dan malam hari kita akan melihat tempat ini seperti pasar malem yang dikerumuni banyak orang. itu merupakan sebuah kesan tersendiri bagi para siswa pramuka, para panitia pelaksana, dan khususnya saya sendiri selaku pembimbing pramuka SD N Dukuhturi 02 Bumiayu Brebes.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru