Sekolah Dasar di 5 negara dengan pendidikan terbaik sedunia.

Pendidikan merpakan usaha sadar yg diberikan oleh pendidik untuk meningkatkan drajat serta kualitas hidup siswa. Pendidikan juga membentuk karakter siswa yg berdikari, berakhlak & mampu bersaing di kancah internasional. Berikut 5 negara dengan pendidikan terbaik sedunia.




A. Finlandia

Bukan rahasia lagi sejak lama sistem pendidikan di Finlandia udah menjadi nomor 1 di dunia, bahkan mengalahkan negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan China. Rahasia dari majunya pendidikan di Finlandia adalah, mereka ternyata tidak membebani murid-muridnya dengan tugas yang berat, kemudian biaya pendidikan pun digratiskan dan guru-guru yang dipilih juga hanya guru yang memiliki kualitas terbaik!

Dibawah ini adalah point-point pendidikan khususnya pendidikan dasar di Finlandia.
  1. Memulai sekolah pada umur 7 tahun
  2. Pendidikan disini tidak ada ujian dan pekerjaan rumah hingga usia mereka remaja.
  3. Kepintaran anak-anak tidak diukur sama sekali selama enam tahun pertama pendidikan mereka.
  4. Semua anak, pintar atau tidak, diajarkan di kelas yang sama.
  5. Sejumlah 30 persen anak-anak menerima bantuan tambahan selama sembilan tahun pertama mereka sekolah.
  6. Siswa sekolah dasar di Finlandia mendapatkan 75 menit dari istirahat dalam sehari dibandingkan rata-rata 27 menit di Amerika Serikat.
  7. Guru hanya menghabiskan 4 jam sehari di dalam kelas dan mengambil 2 jam seminggu untuk “pengembangan profesional”.
  8. Sistem sekolah adalah 100% didanai negara.
  9. Semua guru di Finlandia harus memiliki gelar master, yang sepenuhnya disubsidi.
  10. Kurikulum nasional hanya menjadi pedoman luas.
  11. Guru dipilih dari 10% lulusan terbaik.
  12. Gaji awal rata-rata untuk seorang guru Finlandia adalah $ 29.000 pada tahun 2008. Dibandingkan dengan $ 36.000 di Amerika Serikat.
  13. Guru secara efektif diberi status yang sama seperti dokter dan pengacara

B. Korea Selatan

Inilah salah satu alasan kenapa Korea Selatan kini menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Kunci utama dari majunya sistem pendidikan di Korea Selatan adalah teknologi. Di sana murid-murid dimanjakan dalam mencari informasi dengan layanan akses internet berkecepatan tinggi.


Dibawah ini adalah point-point pendidikan khususnya pendidikan dasar di Korea Selatan:
  1. Sekolah dasar terdiri dari kelas 1 – 6
  2. Rentan usia 7-13 tahun
  3. Siswa kelas 1 dan 2 mempelajari bahasa Korea, matematika, sains, ilmu sosial, seni, dan bahasa Inggris, sedangkan kelas 3 hingga 6 ditambah PE, pendidikan moral, seni praktis, dan musik.
  4. Guru kelas (wali kelas) yang mengajar sebagian besar mata pelajaran, kecuali bahasa asing dan olahraga.
  5. Mereka yang ingin menjadi seorang guru sekolah dasar harus memiliki kemampuan utama dalam pendidikan dasar, yang secara khusus dirancang untuk menumbuhkan guru sekolah dasar. Di Korea, sebagian besar guru SD bekerja untuk sekolah dasar negeri.
  6. Presentasi Power Point, USB dsb adalah hal-hal dasar yang digunakan dalam sistem pembelajaran SD-SMA. Ruang kelas dilengkapi komputer yang terhubung dengan sistem proyektor overhead atau layar datar LCD.
  7. Ada rotasi mutasi guru setelah lima tahun mengajar. Hal ini dilakukan agar setiap guru mendapat kesempatan yang adil untuk mengajar di berbagai sekolah yang baik atau buruk.
  8. Hukuman fisik masih berlaku di Korea.
  9.   Kebersihan sekolah adalah tanggung jawab murid.
  10. Di Korea, wajib belajar itu cuma SD-SMP, tapi karena tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi, anak-anak mereka tetap di sekolahkan sampai jenjang paling tinggi yakni kuliah.
  11. Para siswa di Korea menghabiskan sebagian waktunya di sekolah. Mereka belajar, makan, dan bergaul bersama.

C. Hong Kong

Siapa sangka ternyata Hong Kong mempunyai kualitas yang sangat baik dalam pendidikan. Di Hong Kong, sistem pendidikannya dibuat kompetitif dan kualitas dari pendidik yang baik juga mendorong atmosfer belajar yang tinggi.

Dibawah ini adalah point-point pendidikan khususnya pendidikan dasar di Hong Kong:
  1.  Ada sembilan tahun wajib belajar di Hong kong, enam di sekolah dasar dan tiga di SMP. Seluruh pelajar bagaimanapun menghadiri tiga tahun pendidikan anak usia dini (Taman kanak-kanak K1 ke K3) sebelum masuk ke sekolah dasar.
  2.  Kurikulum primary school biasanya meliputi pelajaran inti (bahasa Cina, bahasa Inggris, dan matematika), pelajaran dasar (ilmu pendidikan sosial dan ilmu pendidikan alam), pelajaran kesehatan, musik, olah raga, dan keterampilan.
  3.  Lebih dari 20% anggaran belanja pemerintah Hong Kong adalah untuk sektor pendidikan.
  4. Struktur sistem pendidikan di Hong Kong didasarkan dari sistem Britania Raya. 
TIdak banyak data mengenai endidikan dasar di Hong Kong Baik guru maupun design pembelajarannya.


4. Jepang

Semenjak ada perombakan sistem setelah revolusi Meiji, pendidikan Jepang maju begitu pesat. Mereka juga menghargai orang-orang yang ingin belajar di negeri mereka. Dan yang jelas, kemajuan Jepang di bidang ekonomi, sains, dan juga teknologi adalah karena mereka berinvestasi besar di bidang pendidikannya.


Dibawah ini adalah point-point pendidikan khususnya pendidikan dasar di Jepang:
  1. Gimukyoiku (wajib belajar) 9 tahun, 6 di shougakkou (SD) dan 3 di chuugakkou (SMP).
  2. Departemen Pendidikan mengawasi kurikulum, buku teks, kelas dan mempertahankan tingkat pendidikan yang seragam di seluruh negeri.  
  3. jumlah siswa di kelas SD atau SMP melebihi 50 siswa per kelas, tapi sekarang sudah ditekan di bawah 40 siswa per kelas. 
  4. Di sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama, makan siang ( kyuushoku) disediakan pada menu standar, dan dilakukan di dalam kelas.
  5. Mengontrol individu dengan mengamati aturan kelompok. Hal ini membantu untuk menjelaskan karakteristik perilaku kelompok di Jepang.
  6.  Mendidik anak-anak dengan cara yang tradisional dan sederhana
  7. Pemerintah akan menentukan dimana siswa akan bersekolah
  8. Tidak ada sekolah yang berlabel Favorit karena semuanya memiliki kualitas yang sama
  9. Anak sekolah dengan jalan kaki atau naik sepeda
  10. Anak-anak tidak boleh membawa barang elektronik seperti HP atau Tablet
  11. Tidak ada seragam sekolah kecuali baju olahraga
  12. Peralatan sekolah disamaratakan di setiap murid
  13. Anak SD belajar mulai pukul 8 dan selesai pukul 4 sore
  14. Materi anak SD di jepang yaitu matematika, bahasa jepang, seni, olah raga, dan life skill.
  15. Untuk kelas 1 dan 2 anak-anak diajari perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan secara terus-menerus sampai faham.
  16. Penerapan belajar dengan menghafal masih diterapkan di kelas rendah
  17. Pelajaran ipa dilaksanakan dengan cara kontekstual atau terjun kelapangan.
  18. Untuk libur panjang anak SD diberikan PR berupa proyek-proyrk apapun, misalnya seni, percobaan, atau yang lain.

5. Singapura

Negara tetangga kita Singapura memiliki sistem pendidikan terbaik ke-5 di dunia. Singapura mengandalkan teknologi sebagai pendukung utama sistem pendidikan dan juga kualitas guru yang terbaik. Gak heran negara sekecil itu bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi Asia, bahkan dunia.


Dibawah ini adalah point-point pendidikan khususnya pendidikan dasar di Singapura:
  1. Semua SD negeri yang dikelola pemerintah akan memiliki fasilitas lapangan olah raga outdoor (misal lapangan sepakbola) dan indoor sport hall yang dapat dipergunakan untuk kegiatan fisik indoor (seperti lapangan badminton, basket, floorball dan lain-lain). 
  2. Terdapat eco garden yang dikelola oleh sekolah dan dirawat secara bersama oleh siswa.
  3. Beberapa siswa SD berkumpul dengan memegang kamera DSLR dan mereka sering hadir untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan di dalam sekolah.
  4. Anak-anak SD tersebut bermain-main dengan komputer.
  5. Beberapa siswa tersebut bermain-main dengan mikroskop, siswa yang lain bermain-main dengan cahaya dan ada juga yang bermain dengan experiment air.
  6. Terdapat 4 mata pelajaran yang akan diujikan setiap semester dan juga bagian dari ujian PSLE (Ebtanas untuk SD). Pelajaran wajib tersebut adalah Math, English, Mother Tongue dan Science. Khusus pelajaran Science, mulai dipelajari secara formal sejak kelas 3. Pada saat kelas 1 dan 2, siswa lebih fokus kepada 3 pelajaran Math, English dan Mother Tongue. 
  7. Siswa-siswa SD juga memiliki pelajaran tambahan seperti Social Study, Art, Civic & Moral Education, Health Education, Music, Physical Education, Drama dan ICT Skill.
  8. Kelas 1 dan 2 SD, hampir tiap hari dia belajar Math, English dan Mother Tongue.
  9. Untuk physical education, berdasarkan informasi dari guru, pelajaran 'berenang' adalah skill fisik yang harus dimiliki siswa SD kelas 1 dan kelas 2.

Sumber:
http://www.yudhe.com/5-negara-dengan-pendidikan-terbaik/
http://studieropa.com/24-fakta-sistem-pendidikan-terbaik-dunia-finlandia/
http://hkcscheer.net/in/government-public-services/education-training-2/education-system
http://dwpkjrihongkong2.blogspot.com/2008/02/pendidikan-di-hong-kong.html
http://www.sekolahdasar.net/2014/04/seperti-inilah-sekolah-dasar-sd-di.html
http://ekokusuma.blogspot.com/2013/01/sebuah-catatan-tentang-pendidikan-dasar.html

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sud ah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di 🐣PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL🐣

      Hapus
  2. Get all your favorite alcoholic drinks at Duty Free Depot!

    All the world famous brand name drinks for unbeatable discounted prices.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru