A.
MODEL
PEMBELAJARAN SHARED
1. .Pengertian
model pembelajaran Shared
Model shared adalah model pembelajaran terpadu
yang merupakan gabungan atau keterpaduan antara dua mata pelajaran yang saling
melengkapi dan di dalam perencanaan atau pengajarannya menciptakan satu fokus
pada konsep, keterampilan serta sikap.
2.
Manfaat Model Shared
a.
Sebagai
langkah awal dalam rangka membentuk model terintegrasi yang meliputi empat ilmu
penting.
b.
Dengan
membagi konsep dua disiplin ilmu,dapat saling melengkapi dan memudahkan
mempelajari konsep secara mendalam.
c.
Guru
dapat meletakkan kegiatan mereka bersama untuk menciptakan blok waktu yang
lebih besar untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa(Yusuf dan matius)
3.
Kelebihan model shared
a.
kemudahan dalam menggunakannya sebagai langkah awal maju
secara penuh menuju model terpadu yang mencakup empat disiplin ilmu.
b.
dengan menggabungkan disiplin ilmu serupa yang saling
tumpah tindih akan memungkinkan mempelajari konsep lebih dalam .
c.
lebih mudah untuk menjadwalkan periode perencanaan bagi
sebuah tim yang terdiri dari dua guru dari pada menyulap jadwal untuk tim yang
terdiri dari empat orang guru.
d.
dua orang guru dapat menggabungkan jam pelajarannya
bersama-sama untuk menciptakan hambatan waktu yang lebih besar.
e.
Terdapat pengalaman-pengalaman instruksional bersama;
dengan dua orang guru di dalam satu tim, akan lebih mudah untuk berkolaborasi.
4.
Kekurangan dari model shared
a.
hambatan waktu yang diperlukan untuk mengembangkan model
ini ;
b.
fleksibilitas dan kompromi berperan penting dalam
keberhasilan implementasi model ini ;
c.
memerlukan kepercayaan dalam kerjasama tim secara
bersamaan ;
d.
model integrasi antar dua disiplin ilmu memerlukan
komitmen pasangan untuk bekerja sama dalam fase awal ;
e.
untuk menemukan konsep kurikula yang tumpang tindih
secara nyata diperlukan dialog dan percakapan yang mendalam.
f.
Membutuhkan waktu, kelenturan, komitmen, dan kompromi.
5.
Penerapan Model Shared
Model Shared di
Sekolah Dasar dapat diterapkan baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi, yang sudah pasti
semuanya disesuaikan dengan tingkat perkembangan pemahaman siswa.
Misalnya pada mata pelajaran
IPA,guru merencanakan unit-unit ilmu pengetahuan tentang kenampakan permukaan bumi dan pada
mata pelajaran IPS tentang kenampakan alam dan pelestariannya,kedua mata
pelajaran tersebut di gabung menjadi satu unit konsep besar yaitu bumi dan alam
sekitar,sehingga guru kelas dapat menggabungkan kedua kurikulum dan
pembelajarannya dan diajarkan secara bersamaan,dengan ketentuan konsep besar
tersebut dapat menaungi ide-ide poko dari kedua mata pelajaran
tersebut,Terutama sikap dan keterampilan.
B.
MODEL
PEMBELAJARAN SEQUENCED
1. Pengertian
Menurut Fogarty (1991:34) pembelajaran terpadu
model sequenced adalah beberapa topik dari suatu mata pelajaran diorganisasikan
kembali dan diurutkan agar dapat bertepatan atau serupa dengan guru mata
pelajaran lain yang membahas topik yang mirip atau serupa.
Pembelajaran terpadu model sequenced ini materi
pelajarannya dipadukan dengan antar disiplin ilmu yang berbeda (khususnya antar
dua disiplin ilmu yang berbeda), dimana guru bidang studi dapat menyusun
kembali urutan dari topik mereka ,pembelajaran terpadu model
sequenced (urutan) dimana urutan topik harus disusun terlebih dahulu. Topik
pembelajaran yang ada dapat dipilih dan diurutkan mana yang harus didahulukan
dari topik yang lainnya.
2.
Ciri-Ciri Model Sequenced
a.
Berpusat pada anak.
b.
Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu
proses pembelajaran/
c.
Guru bidang studi melakukan kerjasama dengan partner
untuk mengurutkan isi konsep-konsep yang sama, yang akan diajarkan pada siswa.
3.
Manfaat Sequenced
Bagi para guru, dengan menyusun kembali urutan topik dapat menentukan
prioritas dari rencana pembelajaran yang akan disampaikan tanpa harus sesuai
dengan urutan baku yang telah disusun dalam buku teks (kurikulum) sehingga
dengan cara ini guru bisa membuat keputusan yang kritis
tentang isi dari materi yang diajarkan dari sudut pandang yang disengaja
terkait dengan topik disiplin membantu mereka memahami studi mereka dikedua
bidang studi.
Manfaatnya bagi siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan karena
telah dikenalkan sebelumnya. Bagi siswa sendiri, melihat guru dimata pelajaran
yang berbeda, isi mata pelajaran yang berbeda, dalam waktu yang berbeda guru
membuat poin (topik, bab, dan unit) maka siswa dapat memperkuat pengetahuannya
dan mendapat pembelajaran yang lebih bermakna
4.
Gambaran Model Sequenced
Guru dan partner mencoba untuk menyamakan isi kurikulum yang berbeda guna
membuat pemahaman yang lebih baik bagi siswa yang belajar dari keduanya. Pada
model ini kedua disiplin tetap murni. Penekanan khusus tetap pada domain bidang
study, tetapi siswa mendapat keuntungan dari isi yang terkait.
Dalam hal ini dapat disimpulkan konsep-konsep yang sama dalam mata
pelajaran bahasa indonesia dengan mata pelajaran sejarah diajarkan secara
bersamaan, meskipun keduanya termasuk mata pelajaran yang berbeda. Dengan cara
ini, saat ini topik yang relevan menjadi katalis untuk mempelajari dasar-dasar
topik,terkait konsep-konsep matematis, atau disesuaikan referensi sastra.
Contoh yang diterapkan di SD misalnya guru sejarah membahas terjadinya
perang padri, pada saat guru Bahasa Indonesia mengajar, juga memberikan materi
tentang pantun dan sajak pada periode perang padri berlangsung. Contoh yang
lain lagi, pada saat pelajaran metematika, guru membahas soal cerita tentang
perkalian dan pada saat pelajaran ekonomi guru juga memberikan materi hitung
dagang yang juga menyinggung proses perkalian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar