Sabtu, 19 Januari 2013

Keterampilan Menulis



 
Kegiatan menulis atau berbahasa tulis dilakukan setelah orang mengenal lambang bahasa yaitu tulisan. Kegiatan menulis diajarkan di SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi meliputi:
1.      Menyalin, tujuannya adalah siswa terbiasa menulis, mengenal bentuk huruf, tanda baca. Dan siswa dapat dan terbiasa menulis baik (jelas dan mudah dibaca).
2.      Dikte (gabungan mendengar dan menulis)
3.      Mengarang: proses pembelajaran mengarang dapat dilakukan seperti proses pembelajaran berbicara. Tujuan mengarang adalah melatih siswa agar terampil menggunakan bahasa tulis. Siswa diberi pelajaran mengarang setelah siswa dapat menulis. Jadi siswa kelas 1SD sudah boleh diberi pelajaran mengarang. Jenis-jenis pelajaran mengarang yaitu: mengarang bebas, mengarang permintaan guru. Mengarang cerita, mengarang pengalaman, mengarang laporan, mengarang gambar.
a.       Mengarang cerita yang sudah dibicarakan oleh siswa didepan kelas, yang dikarang hasil pembicaraan yang telah didiskusikan di depan.
b.      Mengarang pengalaman
1)      Siswa mengarang pengalamannya sendiri
2)      Siswa diminta terlebih dahulu menceritakan pengalamannya secara ringkas.
3)      Guru membimbing dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, yang menjurus pada pokok bahasan.
4)      Siswa mulai mengarang.
c.       Mengarang laporan tertulis tentang suatu perintah guru tugas bisa perorangan, kelompok atau kelas, tugas bisa berhubungan dengan karya wisata, kunjungan kepanitiaan dan lain-lain.
d.      Mengarang gambar adalah mengarang yang hubungannya dengan mengungkapkan atau menafsirkan gambar dengan bahasa tulis. Di kelas 1 SD siswa disuruh mengarang atau menulis kalimat-kalimat yang menyatakan bagian-bagian gambar. V-VI SD boleh dilatih mendiskusikan tema dan memilih judul.
Menulis merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan tiga kecerdasan yaitu: intelektual, emosi, spiritual. Menylis pada tataran perguruan tinggi meliputi : penalaran, retorika, logis, sistematis, analitis, aturan bahasa baik dan benar. Tahap-tahap kegiatan menulis: prapenulisan, penulisan, pasca penulisan. Manfaat kecerdasan spiritual yaitu:
1.      Mampu memiliki karakteristik
2.      Bersikap fleksibel
3.      Beradaptasi spontan dan aktif
4.      Memiliki kesadaran diri
5.      Memiliki visi dan prinsip nilai
6.      Mampu menghadapi dan memanfaatkan penderitaan dan rasa sakit.
7.      Mempunai komitmen
8.      Mempunyai rasa tanggung jawab yang besar.
Ada beberapa faktor hubungan menulis dengan berkomunikasi yaitu dalam esensi komunikasi, hubungan antar komunikan, dan harmoni komunikasi.Salah satu faktor yang sangat penting agar orang trampil menulis adalah motivasi. Keterampilan yang sangat erat hubunganynadengan keterampilan menulis adalah membaca. Langkah dalam membangun tradisi menulis anak yaitu:
1.      Mendorong membuat tulisan dalam bentuk apapun.
2.      Berapresiasi positif terhadap tulisan anak.
3.      Membiasakan menulis pesan.
Kemunculan awal menulis disebut Emergent writing. Menulis sebagai produksi dan ekspresi yang melibatkan tiga faktor yaitu kematangan, keterlibatan/pengalaman dan lingkungan. Sedangkan tahapan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak yaitu dengan menulis bebas, kolaborasi, terbimbing, berbagi, kombinasi. Terdapat prinsip-prinsip perkembangan menulis:
1.      Perinsip tanda
a.       Obyek atau peristiwa dapat dilambangkan dengan simbol huruf.
b.      Simbol tidak menggambarkan referen.
2.      Prinsip menyalin, anak-anak seringkali mencontoh model-model yang adadisekitarnya.
3.      Prinsip fleksibel, huruf memiliki berbagai fariasi, anak-anak belajar mengkonstruksi dan mengenali bentuk huruf yang sama dan berbeda.
4.      Prinsip inventeri, anak sering menginventarisasikan huruf-huruf atau kata-kata yang mereka ketahui. Guru meminta menuliskan huruf atau kata-kata yang mereka tahu.
5.      Prinsip keberulangan anak sering mengulang-ulang apa yang dapat mereka tulis. Walaupun dalam bentuk berbeda.
6.      Prinsip membangkitkan, anak-anak menggunakan elemen menulis yang sama dan beeberapa kaidah serta mengkombinasikan untuk membentuk kalimat yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...