Jumat, 11 Januari 2013

Indek Kesukaran Soal dan Daya Beda


a.       Menurut witherington indek kesukaran soal berkisar 0,00 sampai 1,00
-          Indek kesukaan sebesar 0,00 menunjukan bahwa butir item tersebut termasuk kategori item yang terlalu sukar
-          Indek kesukaran sebesar 1,00 mengandung arti butir item yang terlalu mudah.
-          0,0, 0,1, 0,2, 0,3, 0,4, 0,5, 0,6, 0,6 0,7, 0,8, 0,9, 1,0.
-          Rumus nya adalah (P) proporsi, angka indeks kesukaran item sama dengan (Np) banyak testee yang dapat menjawab betul terhadap butir item yang bersangkutan dibagi (N) jumlah testee yang mengikuti tes hasil belajar.
-          Indeks kesukaran item, <-0,30 item terlalu sukar, 0,30-0,70 sedang, >0,70 terlalu mudah (L Thorndike dan Elizabeth)
b.      Teknik analisis daya beda item
-          Daya beda item adalah kemampuan suatu butir item tes hasil belajar untuk dapat membedakan antara teste yang berkemampuan tinggi dengan teste yang berkemampuan rendah.
-          Mengetahui daya pembeda item penting, sebab salah satu dasar yang dipegang untuk menyusun butir item tes hasil belajar bahwa kemampuan antara testee yang satu dengan testee yang lain berbeda-beda, dan butir-butir item tes hasil belajar harus mampu memberikan hasil tes yang mencerminkan adanya perbedaan kemampuan yang terdapat dikalangan testee.
-          Daya pembedda item ditujukan untuk menjawab pertanyaan “apakan testee yang dianggap pandai dalam menjawab soal secara umum betuldan apakah testee yang dianggap kurang pandai dalam mengerjakan soal secara umum salah?” jika jawabannya ia berarti butir item soal itu baik dalam arti lain butir soal tersebut mampu membedakan yang pandai dan kurang pandai. Dan jika sebaliknya yang pandai secara umum salah dan yang kurang pandai secara umum benar dalam menjawab soal, maka soaltersebut jelek karena tidak sesuai dan bertentangan terhadap tujuan tes itu sendiri.
-          Daya pembeda item dapat diketahui dengan melihat besar kecilnya indeks diskriminasi item. Indeks diskriminasi item adalah angka yang menunjukan besar kecilnya daya pembeda yang dimiliki oleh item soal.
-          Patokan angka indeks diskriminasi:<0,20 poor, tidak memiliki DB, 0,20- 0,40, satisfaktory, memiliki DB cukup, 0,40,- 0,70, good memiliki DB baik, 0,70-1,00, excellent memiliki DB baik sekali, bertanda ngtf butir item DB negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...