Sabtu, 19 Januari 2013

Waduk Cengklik




Waduk cengklik- yang terdapat di kabupaten Boyolali merupakan waduk yang sangat indah. Jika kita lihat di sore hari dengan cuaca yang sangat cerah maka kita akan melihat matahari terbenam di waduk tersebut. Walaupun tempat ini bukan dikelola oleh agen pariwisata namun setiap pagi dan sore tempat ini rame dikunjungi oleh orang dengan berbagai tujuan. Sebagian besar orang kesini bertujuan untuk memancing kemudian oleh raga dan terakhir menikmati suasana baik dengan teman maupun pacar. Di tengah waduk tersebut terdapat para nelayan yang sedang merawat tempat penangkaran ikan yang terlihat banyak.



Hal yang sangat buruk dari tempat ini adalah adanya sampah dimana-mana. Baik di tempat airnya maupun di jalan yang merupakan pemandangan kedua yang tidak asing lagi di waduk cengklik. Hal seperti itu disebabkan salah satunya yaitu tidak adanya agen pariwisata yang mengelola tempat tersebut dan kurangnya kesadaran pengunjung akan pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu juga terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam makanan namun dari pandangan di sekitar tempat ini tidak dijumpai adanya kotak sampah atau bak sampah. Jadi kurangnya sarana dan prasarana kebersihan juga sebagai pendukung semakin kotornya waduk ini.




Sebagian bendungan yang terdapat di sisi lain sedang di perbaiki yaitu diberi semen untuk memerkuat bangunan yang sebelumnya hanya bebatuan tajam yang besar. Terdapat aktifitas pekerja di daerah tersebut dan terdapat bula basecamp dan bahan-bahan material seperti rangkaian besi baja, pasir, tumpukan batu, dll.



Pesan dari penulis semoga tempat ini dapat menjadi yang lebih baik lagi dan menjadi indah tanpa sampah. Menjadi tempat yang sangat nyaman bagi para pemancing yang setia menunggu ikan yang melahap umpannya. Menjadi tempat yang sejuk menyegarkan bagi para olehraga yang sedang lari pagi maupun sore di tempat ini. Dan tentunya menjadi tempat yang tidak terlupakan bagi para peningkmat tempat pariwisata seperti saya. 



1 komentar:

  1. udaranya segar di pagi hari ,cocok sekali untuk peristirahatan rekan rekan Gowes.dengan menu jenang tumpang dan teh gula batu ...sedap...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...