Menjadi Guru yang Disukai Murid

Di bawah ini merupakan Tips, kriteria, dan poin penting untuk guru agar disukai oleh siswa. Suka disini bukan berarti kita sebagai guru melakukan semua yang diinginkan siswa melainkan menjadi guru yang kreatif dan tidak membosankan.








Berikut beberapa cara agar kita sebagai guru dapat disukai oleh murid menurut Agus Sampurno Kepala sekolah di Ananda Islamic School Jakarta Barat, penggiat penggunaan Sosial Media dan teknologi di sekolah. Website: gurukreatif.wordpress.com.
  1. Tidak terlalu banyak melaksanakan metode ceramah
  2. Memberikan contoh kepada siswa apa yang ia ingin siswa lakukan. Jika anda sebagai guru berharap siswa anda hormat pada anda, silahkan terlebih dahulu menjaga harga diri siswa anda di kelas.
  3. Jika marah atau kecewa pada siswa, berbicara lah pada mereka dan bukan berteriak.
  4. Berbagi senyum tulus pada semua siswa. Siswa yang dicap sebagai anak yang ‘bermasalah’ akan luntur dan akan menyukai anda jika anda berikan senyum pada mereka.
  5. Memotivasi siswa dengan cara memotivasi dan bukan menyindir.
  6. Menggunakan humor pada tempat dan saat yang tepat.
  7. Mudah diajak berteman oleh siswa dan bukan menjadi teman siswa. Mudah diajak berteman artinya anda pihak yang pasif dalam berkomunikasi namun tetap dengan cara yang profesional.
  8. Berusaha menjadi teman siswa hanya akan menyulitkan situasi anda dikemudian hari.
  9. Penyabar dan menganggap semua siswa sedang berproses. Hindari meneruskan warisan guru lain dengan melanjutkan cap yang sudah diterima oleh siswa tertentu.


Sedangkan menurut Risang Melati dalam bukunya Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-anak di tulis dalam website www.assajidin.com,  menyebutkan bahwa seorang guru yang baik harus :
  1. Membuat perencanaan mengajar (lessons plan) untuk seminggu kedepan
  2. Selalu update rencana pengajaran setelah dan sebelum mengajar
  3. Tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
  4. Rencanakan pengajaran dalam tim, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal rencana pengajaran pada sesama rekan guru
  5. Masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal
  6. Pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
  7. Saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. Untuk memotivasi perlu mendalami karakter anak terlebih dahulu
  8. Tebarkan senyum pada seisi kelas
  9. Ucapkan salam dan sapa serta tunjukkan semangat saat akan mengajar
  10. Berikan soal yang menantang, bukan sekedar sulit
  11. Minta siswa untuk mengajarkan siswa lainnya jika Ia sudah selesai
  12. Kurangi gaya “one man show” saat mengajar.  Kurangi untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang diberikan
Guru merupakan panutan bagi siswa agar mereka dapat menjadi manusia yang sesungguhnya. Agar anak dapat mencerna semua hal yang diberikan oleh guru tentunya kita harus memberikannya dengan apa yang disenangi oleh mereka. Untuk itu kita perlu menjadi guru yang disukai oleh siswa, dalam sekolahdasar.net guru yang disukai siswa adalah guru yang:
  1. Mengunakan metode pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan. Setiap materi memiliki cara penyampaiaan yang beragam. Guru jangan hanya terpaku dengan satu metode saja, misalnya hanya ceramah. Juga gunakan metode yang menyenangkan, yaitu yang membuat murid aktif dan melakukan sendiri.
  2. Guru yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif. Guru yang menguasai materi dan menyampaikannya dengan enak dan mudah dipahami murid. Dan guru yang memberikan penilaian yang obyektif.
  3. Guru yang humoris. Jika ditanya, guru yang seperti apa yang paling disukai murid? Hampir pasti kebanyakkan adalah guru yang humoris. Tentu dengan candaan dan humor membuat belajar lebih menyenangkan. Tetapi bukan berarti humor yang menyinggung kekurangan muridnya, melainkan humor pada tempat dan saat yang tepat.
  4. Guru yang memberikan hak dan kebutuhan muridnya. Murid juga memiliki hak yang harus dipenuhi oleh gurunya, misalnya hak bertanya dan mendapatkan jawaban yang tepat. Dan juga guru yang senangi adalah guru yang memberikan kebutuhan siswa, baik itu kebutuhan akan karakter dan perkembangannya ataupun kebutuhan untuk dihargai.
  5. Guru yang menjaga wibawa, selain menciptakan hubungan yang harmonis dengan muridnya, guru juga harus menjaga wibawanya. Itu tercermin dari tingkah laku atau sikap di dalam kelas atau di luar kelas.
  6. Guru yang mampu menjadi contoh atau suri tauladan. Semakin lama semakin berkurang sosok panutan, guru harus tetap bisa menjadi contoh untuk murid-muridnya. Tidak hanya pandai berbicara tetapi juga mampu mempraktekannya.
  7. Guru yang selalu berpenampilan menarik dan murah senyum serta sabar. Menjaga penampilan yang menarik, rapi membuat murid merasa betah dengan guru. Begitupun dengan senyum, murid yang yang ‘bermasalah/nakal’ akan luntur dan akan menyukai guru yang suak senyum dengan tulus dan sabar.
  8. Guru yang mendidik dengan hati dan menginspirasi. Mendidik atau mengajar bukan hanya dianggap sebagai pekerjaan atau profesi, lebih dari itu juga dimaknai sebagai pengabdian dan ibadah. Murid bukan hanya sebagai obyek, tetapi juga insan seperti anak, yang tidak hanya dididik juga didoakan.


Dalam website asosiasicibinasional.wordpress.com menyebutkan 10 karakteristik guru yang disukai oleh anak. Karakteristik tersebut menurut Utami Munandar (1999) adalah:
  1. kompeten dan punya minat untuk belajar
  2. mahir dalam mengajar
  3. adil dan tidak memihak
  4. bersikap demokratis dan kooperatif
  5. memiliki fleksibilitas yang tinggi
  6. memiliki rasa humor
  7. mau memberikan penghargaan dan pujian pada siswa
  8. memiliki minat yang luas terhdap berbagai bidang
  9. memberi perhatian pada masalah yg dialami anak CI+BI
  10. berpenampilan dan bersikap yang menarik..
Selain mengetahui karakteristik guru yang baik, perlu juga mengetahui  Ciri – ciri guru yang baik. Menurut Aminuddin yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam tentang ciri guru yang baik yang ditulis dalam blognya: aminuddi.blogspot.com terdapat 6 ciri guruyang baik yaitu:
  1. Memahami dan menghormati anak didik, Mengajar merupakan suatu proses kemanusian. Anak didik sebagai manusia yang semestinya diperlakukan sebagai manusia pula, bukan sebagai tong kosong atau sebagai makhluk yang lebih rendah dari dirinya. Anak didik adalah manusia penuh hak atas perlakuan hormat dari guru agar kelak mereka tumbuh manusia dewasa yang dihormati dan menghormati orang lain.
  2. Menghormati bahan pelajaran yang diberikannya, Guru dalam mengjar harus menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan. Menguasai bahan pelajaran tidak identik dengan menghafakan akan tetapi lebih baik bila guru yang hafal bahan pelajaran yang diajarkan serta mampu mengembangkan dan menjelaskannya.
  3. Menyesuaikan metode mengajar dengan bahan pelajaran, Bahan pelajaran biasa disampaikan dengan metode tertentu seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, karya wiasata dan lain – lain.
  4. Mengesuaikan bahan pelajaran dengan kesanggupan individu, Siswa sebagai aindividu memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Biasanya guru mencoba menyesuaikan pelajaran dengan kesanggupan rata – rata didalam kelas. Bagi anak yang pandai anggap menganggap pelajaran yang dijabarkan sangat mudah sementara   anak yang lambat dianggap nya sanyat sulit, jadi seorang guru harus menyesuikan pelajaran dengan kesanggupan individu peserta didik.
  5. Mengaktifkan siswa dalam kontek belajar, Bukan proses pembelajaran namanya tampa aktivitas siswa. Agar proses pembelajaran tidak berkesan pasif, guru harus senantiasa berusaha mengaktifkan siswa, dengan upaya memunculkan dalam kontek belajar yang lebih luas.
  6. Memberi pengertian dan bukan hanya kata – kata belaka, Maksudnya anak hanya mengenal kata – kata tetapi tidak memahami artinya serta maknanya (verbalisme). Siswa dapat menyatakan pelajaran diluar kepalanya (hafal), tetapi tidak mampu memahami isinya.
Sedangkan dalam forum kaskus.co.id dengan diskusi Tips Menjadi Guru Yang disukai anak-anak (Terutama SD) yang ditulis oleh Haveedz yang merupakan seorang kaskuser dan pengajar. Berdasarkan pengelaman pribadinya ia menyebutkan tips menjadi guru yang disukai anak yaitu:
  1. Jangan pernah memarahi anak murid yang nangis, Kita boleh marah, tapi dengan cara yang benar, atau lebih tepatnya menasihati sesuai dengan kemampuan menangkap bahasa kita sebagai guru, contohnya : "Saya tahu kamu sedih, saya mengerti perasaan kamu, kalau memang kamu butuh waktu sendiri, kamu boleh keluar untuk mencari ketenangan. nah gan Insya Allah murid agan/aganwati bakalan tenang dan ga bakal nangis lagi.
  2. Berikan pujian kecil saat dia mengerjakan sesuatu meskipun salah sekalipun. Anak akan merasa berharga, dan bahagia, ketika seorang guru memberikan pujian, meskipun sebenarnya anak itu melakukan kesalahan, dan cara yang terbaik untuk memuji atau mengkritik yaitu "Wah kerjaanmu bagus, Saya suka, tapi saya ingin esok hari kamu mencoba hal lain selain ini". nah anak itu akan senang sekaligus berpikir gan trust me It works.
  3. Berikan Permainan saat anak-anak mulai jenuh. Faktanya anak-anak memang senang bermain, terutama anak SD. jangan pernah paksa anak untuk menuruti kemauan kita, tapi kita harus mengimbangi perilaku anak-anak, saat anak-anak mulai jenuh, ada baiknya kita mengajak mereka untuk bermain di kelas, contohnya: Main UNO, main monopoli, Lego dan Silence seat ball (permainan ini cukup seru dan sering dipake di sekolah tempat ane ngajar, cara bermainnya sederhana. suruhlah mereka duduk diatas meja dengan berhadapan satu sama lain dan jarak agak diatur, siapkan bola kecil (bola yang soft dan aman), lalu suruh mereka melempar bola itu, permainan ini ada hukumannya, kalau salah satu dari mereka mengeluarkan satu patah kata (kecuali batuk, bersin) dia mesti duduk di bangku masing-masing, atau kalau mereka menjatuhkan bola ke lantai hukumannya pun sama seperti itu Menarik Bukan?
  4. Bernyanyilah dengan bebas, dan lepas. Anak-anak tentunya sangat menyukai kegiatan menyanyi, selain menyenangkan kegiatan ini juga cukup membuat mereka relaks dan jauh dari kata bosan, Pilihlah 2 orang dari mereka untuk menjadi Song Leaders di depan kelas, untuk menentukan lagu biarkan mereka memilih, entah melalui voting ataupun keputusan mereka

Data diatas merupakan barisan teratas dalam daftar yang sering dikunjungi orang dalam google pencarian. Dalam hal ini  penelusuran mengenai keyword "Guru yang disukai anak" mencapai Sekitar 641.000 hasil.

3 komentar:

  1. Hello, i am glad to read the whole content of this blog and am very excited and happy to say that
    the webmaster has done a very good job here to put all the information content and information at one place

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Dr Rochelle Skin Expert
    cream pemutih wajah
    produk kecantikan wajah
    kosmetik wajah
    pemutih wajah
    anak perempuan cantik

    BalasHapus
  2. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tike tpesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone : 082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto saya

Faisal Azmi Bakhtiar, S.Pd. Pernah belajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta Program Pascasarjana Pendidikan Dasar. Diberi kesempatan memahami anak usia sekolah dasar selama satu tahun di SDN Dukuhtri 02 Bumiayu Brebes. Pada intinya memahami ilmu psikologi, kemampuan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap permasalahan, serta trampil dan mengerti kemajuan teknologi sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

My Profile

Sosial Media:
IG : @faisalazmibakhtiar
FB : Faisal Azmi Bakhtiar
WA: 085727526464

Semoga artikel kami bermanfaat


Populer Terbaru