Sabtu, 07 April 2012

BuMi mungkin Umum




Salah satu pertanyaan terbesar dalam astronomi hari ini adalah, apakah ada Bumi lain di luar sana, dan jika demikian, berapa banyak?
Kita tahu bahwa ada lebih dari 100 milyar bintang di galaksi, dan banyak bahwa dari mereka memiliki planet. Tapi kami masih mencoba mencari-cari untuk memakukan frekuensi planet, dan berapa banyak yang tubuh berbatu seperti Bumi (sebagai lawan dari gas raksasa seperti Saturnus dan Jupiter).

Sebuah studi baru menggunakan Spitzer Space Telescope telah mengungkapkan bahwa planet seperti Bumi mungkin umum! Prosedur ini sebenarnya agak sederhana. Mereka meneliti lebih dari 300 matahari-seperti bintang, dan dikelompokkan oleh usia (sangat muda, muda, paruh baya, dll). Mereka kemudian menggunakan Spitzer untuk mencari keberadaan debu di sekitar bintang-bintang; debu bersinar di inframerah ketika hangat, dan suhu (dan dengan demikian jarak debu dari bintang) dapat ditemukan.

Apa yang mereka temukan sangat mencolok: bintang muda punya banyak debu yang berada di sekitar jarak yang sama dari bintang seperti Bumi berasal dari Matahari, tetapi sebagai bintang semakin tua, jumlah debu sedikit. Skala waktu untuk debu menghilang - beberapa ratus juta tahun - kira-kira skala waktu yang sama dibutuhkan planet terbentuk. Kesimpulan yang jelas adalah bahwa seiring waktu, planet-planet terbentuk di sekitar bintang-bintang, dan mereka menghisap debu debu itu. Proses ini akan membuat planet berbatu, seperti Bumi!

Dengan kata lain, penelitian ini tidak secara langsung mendeteksi planet-planet, tetapi menemukan keputusan bahwa bahan planet menghilang dengan bertambahnya usia. Itu sangat provokatif.

Mereka menemukan bahwa 10-20% dari bintang-bintang muda memiliki disk ini dari puing-puing debu di sekitar mereka. Seperti yang terjadi, sekitar 10% dari bintang-bintang di Bima Sakti dapat dikategorikan sebagai seperti matahari, yaitu sekitar 10 miliar bintang. Jika 10% dari mereka memiliki planet berbatu, sebagai studi ini menunjukkan, maka mungkin ada satu miliar Bumi yang mengorbit bintang di galaksi kita sendiri! Dan itu hanya untuk bintang seperti Matahari, bintang bermassa rendah juga dapat membentuk sistem planet, dan ada jauh lebih dari mereka maka bintang seperti Matahari. Sangat mungkin bahwa ada miliaran planet-planet dalam galaksi ... dan ada ratusan miliar galaksi di alam semesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...