Rabu, 11 September 2013

Contoh RPP B. Indonesia Kelas 4





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama Sekolah      : SD Muhammadiyah Baturan
Kelas/ Semester    : 4(Empat)/I(Satu)
Mata Pelajaran      : B. Indonesia
Waktu                   : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi   :    1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah atau lambang korps.
B. Kompetensi Dasar      :    1.2    Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah atau lambang korps.
C. Indikator                     :   
1.      Kogitif
·         Menyebutkan simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
·         Menjelaskan arti dari simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
2.      Afektif
·         Menerapkan arti dari simbol Kabupaten Karanganyar dalam kehidupan sehari-hari
3.      Psikomotor
·         Memilih simbol-simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi sesuai dengan arti dan fungsinya.
·         Mencocokan bentuk gambar dengan arti gambar tersebut dalam simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
·         Mewarnai simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
D. Tujuan Pembelajaran  :   
1.       Kogitif
·         Siswa dapat menyebutkan simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
·         Siswa dapat menjelaskan arti dari simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
2.       Afektif
·         Siswa dapat enerapkan arti dari simbol Kabupaten Karanganyar dalam kehidupan sehari-hari
3.       Psikomotor
·         Siswa dapat memilih simbol-simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi sesuai dengan arti dan fungsinya.
·         Siswa dapat mencocokan bentuk gambar dengan arti gambar tersebut dalam simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
·         Siswa dapat mewarnai simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
E. Karakter                      :    Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu.
F. Materi Pokok              :    Simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
G. Metode dan Strategi  :    Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan strategi yang digunakan dengan Example non example.
H. Keg. Pembelajaran     :   
1.      Kegiatan awal
­          Guru membuka pelajaran dengan salam.
­          Guru menanyakan kabar siswa.
­          Siswa dan guru berdoa bersama.
­          Guru mengecek kehadiran siswa.
­          Siswa diminta mendengarkan informasi materi yang disampaikan oleh guru.
­          Siswa diminta memperhatikan guru ketika menyampaikan tujuan pembelajaran.
­          Siswa ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan apresepsi.
2.      Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-          Siswa diminta bersiap-siap untuk melaksanakan proses keiatan belajar mngejar.
-          Guru menyiapkan materi dan media pembelajaran mengenai simbol daerah kabupaten Karanganyar.
-          Siswa diminta mendengarkan dan memperhatikan guru ketika menjelaskan arti dari simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
-          Siswa diminta untuk aktif ketika guru menjelaskan arti dari simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi.
-          Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai pembahasan simbol daerah kabupaten Karanganyar.
-          Siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberika oleh guru mengenai simbol daerah kabupaten Karanganyar.
-          Guru menjelaskan sistematika kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan.
b.    Elaborasi
-          Guru menyiapkan media gambar simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi di depan apapan tulis.
-          Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.
-          Siswa diminta memperhatikan gambar simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi di depan apapan tulis.
-          Siswa diminta memperhatikan dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran mengenai simbol daerah da lambang korps.
-          Siswa diminta menjelaskan bagian-bagian simbol daerah sesuai perintah guru.
-          Siswa selanjutnya diminta membaca dan kemudian menempelkan arti simbol yang telah di tempel dalam gambar simbol daerah Karanganyar.
-          Setelah kegiatan menempelkan arti dari setiap bagian simbol daerah Karanganyar kemudaian tiap kelompok mewarnai gambar simbol Karanganyar secara bersamaan.
c.    Konfirmasi
-          Siswa menempelkan arti dari bagian simbol daerah Karanganyar
-          Siwa kemudian membaca arti simbol daerah Karanganyar yang telah mereka tempel dan  guru memberikan penguatan dan konfirmasi.
-          Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut dan guru membimbing siswa.
-          Siswa mewarnai gambar simbol daerah Karanganyar secara kreatif kemudian menempelkannya di dinding kelas.
3.      Kegiatan Penutup, dalam kegiatan penutup, guru:
­          Guru menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah  dilaksanakan mengenai simbol daerah kabupaten Karanganyar.
­          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi
­          Guru memberikan Lembar evaluasi kepada siswa.
­          Guru menyampaikan pesan moral
­          Guru dan siswa bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah.
I. Sumber dan media pembelajaran
1.      Sumber belajar:
-          Teman
-          Guru
-          Orang tua
-          Marsudi Edi, dan Farikha. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Alat dan media pembelajaran
-          Kertas
-          Papan tulis
-          Gambar simbol daerah kabupaten Karanganyar/ lambang Koperasi
-          Denah rumah
J. Penilaian.
1.      Dengan Tes
2.      Dengan sekala sikap (Non tes)
K. Lampiran
1.      Materi
2.      Soal
3.      Penilaian


                                                                           Karanganyar, 22 Agustus 2013
             Guru Pamong                                                    Mahasiswa PPL                               

            (Siti Komariah)                                             (Faisal Azmi Bakhtiar)
  NIP: 196907162007012019                                      NIM: A510100256

Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. M. Bejo Amir
NBM.551481

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru:

MAGNET

Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh suatu medan magnet. Beberapa logam, seperti besi tertentu memiliki medan ...

Postingan Populer