1.
Buku
Teks
a.
Ciri
penanda buku teks
1)
Buku
teks merupakan buku sekolah yang ditujukan bagi siswa pada jenjang pendidikan
tertentu.
2)
Buku
teks berisi bahan yang telah terseleksi.
3)
Buku
teks selalu berkaitan dengan bidang studi atau mata pelajaran tertentu
4)
Buku
teks biasanya disusun oleh para pakar di bidangnya
5)
Buku
teks disusun secara sistematis mengikuti strategi pembelajaran tertentu.
6)
Buku
teks untuk diasimilasikan dalam pembelajaran.
7)
Buku
teks disusun untuk menunjang program pembelajaran.
b.
Berdasarkan
segi tatanannya, buku teks merupakan sajian bahan ajar yang mempertimbangkan
faktor tujuan pembelajaran,kurikulum dan struktur program pendidikan,tingkat
perkembangan siswa sasaran,kondisi dan fasilitas sekolah, kondisi guru pemakai.
c.
Manfaat
buku teks bagi guru:
1)
Secara
umum:
a)
Sarana
pengembang bahan dan program dalam kurikulum pendidikan,
b)
Sarana
pemerlancar tugas akademik guru,
c)
Sarana
pemerlancar ketercapaian tujuan pembelajaran, dan
d)
Sarana
pemerlancar efisiensi dan efektivitas kegiatan pembelajaran.
2)
Menurut
Hebert dan Harl
a)
Buku
teks memuat persediaan materi bahan ajar yang memudahkan guru merencanakan
jangkauan bahan ajar yang akan disajikannya pada satuan jadwal pengajaran
(mingguan, bulanan, caturwulanan, semesteran).
b)
Buku
teks memuat masalah-masalah terpenting dari satu bidang studi.
c)
Buku
teks banyak memuat alat bantu pengajaran, misalnya gambar, skema, diagram, dan
peta.
d)
Buku
teks merupakan rekaman yang permanen yang memudahkan untuk mengadakan review di
kemudian hari.
e)
Buku
teks memuat bahan ajar yang seragam, yang dibutuhkan untuk kesamaan evaluasi,
dan juga kelancaran diskusi.
f)
Buku
teks memungkinkan siswa belajar di rumah.
g)
Buku
teks memuat bahan ajar yang relatif telah tertata menurut sistem dan logika
tertentu.
h)
Buku
teks membebaskan guru dari kesibukan mencari bahan ajar sendiri sehingga
sebagian waktunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain.
d.
Kategori
buku teks yang baik
1)
Buku
teks haruslah menarik minat siswa yang mempergunakannya.
2)
Buku
teks haruslah mampu memberikan motivasi kepada para siswa yang memakainya.
3)
Buku
teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik siswa yang memanfaatkannya.
4)
Buku
teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan
kemampuan para siswa.
5)
Buku
teks haruslah dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para
siswa yang mempergunakannya.
6)
Buku
teks haruslah mempunyai sudut pandang atau ”point of view” yang jelas dan tegas
sehingga ada akhirnya juga menjadi sudut pandang para pemakainya yang setia.
7)
Buku
teks haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan
orang dewasa.
Agen Judi Terpercaya
BalasHapusPanduan Judi Slot Online
LK21