1.
Inovasi
a.
Pengertian
inovasi Pengertian Inovasi Pendidikan Inovasi berasal dari kata latin,
innovation yang berarti pembaharuan dan perbuahan. Inovasi ialah suatu
perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari
yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan bererncana (tidak secara
kebetulan saja). Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovsi
pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan
masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode,
yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau
kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau
discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan
pendidikan atau untuk memcahkan masalah pendidikan.
b.
Skematik
Inovasi di sekolah
c.
Guru
Inivasi adalah guru yang dapat menyampaikan sumber pengetahuan dengan
memanfaatkan strategi, metode, dan media pembelajaran kepada peserta didik
sehingga dapat terjalin proses komunikasi yang berhasil.
d.
Keterampilan
mengajar yaitu Bertanya dasar, Memberi
Penguatan, Mengadakan Variasi, Menjelaskan, Membuka dan Menutup, Memimpin
Diskusi Kelompok Kecil, Mengelola Kelas, Mengajar Kelompok kecil dan Perorangan
e.
Inovasi
strategi, adalah proses pengembangan strategi yang ada bertujuan untuk dapat
lebih mensukseskan dalam proses kegiatan blajar mengajar.
f.
Inovasi
media pembelajaran adalah proses pengembangan media pembelajaran yang sudah ada
sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran sehingga
dapat mendukung terciptanya interaksi atau komunikasi yang berhasil.
g.
Media
yang baik adalah, media yang memvisualkan yang abstrak, membantu
mengkonstruksikan pengetahuan, membuat senang sehingga mampu memotivasi,
memudahkan pemahaman konsep.
h.
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam Pemilihan media
yaitu:
1)
Kesesuaian dengan
tujuan belajar
2)
Kesesuaian dengan
materi
3)
Kesesuaian dengan
metode mengajar
4)
Karakteristik peserta
didik
5)
Kondisi tempat
belajar
6)
Keluwesan/kepraktisan
7)
Ketersediaan dana,
tenaga dan fasilitas.
i.
Komponen
dari RPP
1)
RPP
KTSP, Identitas sekolah, Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator,
Tujuan, Materi pokok, Strategi, metode, dan model pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, (alat, sumber dan media
pembelajaran), Penilaian dan lampiran.
2)
RPP
2013, identitas sekolah, kompetensi dasar, Indikator, (spiritual, sosial,
pengetahuan, keterampilan), tujuan, Materi pembelajaran, Sumber pembelajaran,
Metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, pendahuluan (Orientasi,
Memotivasi, Apresepsi, Menyampaikan tujuan pembelajaran), kegiatan inti
(mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jaringan), penutup, penilaian,
lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar