1.
Kurikulum
:
a.
Pengertian kuriklum seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Acuan
pengembangan kurikulumà permendiknas
nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi dan permendiknas nomor 23 tahun 2006
tentang standar kompetensi lulusan
b.
Dimensi
kurikulum:
1)
Kurikulum
sbg Substansi à kurikulum
sebagai rencana kegiatan belajar bagi siswa di sekolah atau perangkat tujuan
yang ingin dicapai.
2)
Kurikulum
sbg sistem à kurikulum sbg
bagian dari sistem sekolah, sistem pendidikan & sistem masyarakat
3)
Bidang
studi à bidang studi
kurikulum
c.
Pengertian,
perbedaan, dan persamaan kurikulum 2004/2006/KTSP dengan 2013:
1)
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu
mengembangkan dan memperhatikan UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pasal 36. Terdiri dari tujuan pendidikan TSP, struktur dan muatan
kurikulum TSP, kalender pendidikan, dan silabus.
2)
Tujuan
KTSP adalah Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif.
3)
Karakteristik
KTSP
a)
Desentralisasi sisitem pendidikan
b)
Penetapan
sk/ kD oleh pusat
c)
Guru
mngembangkan sesuai kondisi sekolah
d)
Hasil
belajar pada proses
e)
Penilaian
dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik
f)
Materi
ditentukan oleh sekolah
4)
Kurikulum
2004 atau KBK, Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi memfokuskan pada kompetensi
tertentu, berupa paduan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat
didemostrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang
dipelajari. Pendidikan yang menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh
lulusan.
5)
Prinsip
Kurikulum 2004 atau KBK yaitu siswa dituntut utk belajar dan mengetahui apa
yang dipelajari kemudian mengaplikasikannya, Berbasis SK, KD; Bertolak dari
kompetensi lulusan, Aspek belajar secara utuh menyeluruh; Tuntas belajar.
6)
Perbedaan
KBK dan KTSP
a)
Penamaan
·
Kurikulum
2004/KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
·
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
b)
Manajemen
·
KBK,
ujicoba, pemodelan dan MBS dilakukan oleh pusat
(Direktiorat dan Balitbang)
·
KTSP,
BSNP sebagai penyusun Standar Isi (Kerangka Dasar,
Stuktur kurikulum) sekolah mengembangkan dalam kurikulum tingkat satuan
pendidikan
c)
Kerangka
dasar dan struktur kurikulum
·
KBK,
memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
materi pokok
·
KTSP, memuat
kelompok mata pelajaran, struktur kurikulum tiap jenjang, standar kompetensi
dan kompotensi dasar
d)
Pembelajaran
·
KBK,
berbasis kompetensi, guru sebagai fasilitator
·
KTSP,berorientasi
kompetensi, siswa sebagai pusat pembelajar
e)
Pelaksanaan
·
KBK, Diberikan
model-model (model silabus, . model pembelajaean, model penilaian) dalam dokumen lengkap yang disusun pusat
sebagai acuan/pedoman.
·
Sekolah
dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan
silabusnya berdasarkan Kerangka dasar kurikulum, Standar kompetensi, di bawah supervisi dinas kab/kota (SD/MI,
SMP/MTs, PAKET A & B), dan/atau dinas provinsi (SMA, SMK, PLB, PAKET C).
7)
Kurikulum
1994 bersifat populis, yaitu yang memberlakukan satu sistem kurikulum untuk
semua siswa di seluruh Indonesia. Kurikulum ini bersifat kurikulum inti
sehingga daerah yang khusus dapat mengembangkan pengajaran sendiri disesuaikan
dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar.
8)
Karakteristik
kurikulum 2013
a)
Adanya
keseimbangan sikap sosial dan spiritual
b)
Adanya
keeratan hub masyarakat dan sekolah
c)
mengembangkan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di
sekolah dan masyarakat;
d)
Dinyatakan
dalam kompetensi inti kelas
yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar