Kamis, 29 Desember 2016

KOMPONEN MODEL PENDEKATAN SISTEM

Dibawah ini merupakan tahapan dalam proses penelitian pengembangan menggunakan desain instruksional karya Dick Carey dan Carey. Desain pengembangan ini digunakan untuk penelitian dalam bidang pendidikan yang meliputi pengembangan alat evaluasi, perencanaan, bahan ajar, dan media.


Identifikasi Tujuan Instruksional 
      Langkah pertama dalam model ini adalah untuk menentukan informasi dan keterampilan baru yang ingin dikuasai peserta didik saat mereka menyelesaikan instruksi Anda, yang dinyatakan sebagai tujuan. Tujuan instruksional dapat diturunkan dari daftar tujuan, mulai dari analisis kinerja, dari penilaian kebutuhan, dari pengalaman praktis dengan kesulitan belajar siswa, dari analisis orang-orang yang melakukan pekerjaan, atau dari beberapa persyaratan lain untuk instruksi baru. 

Melakukan Analisis Instruksional 
     Setelah Anda mengidentifikasi sasaran instruksional, Anda menentukan langkah demi langkah apa yang orang lakukan saat mereka melakukan tujuan itu dan juga melihat subskill yang diperlukan untuk penguasaan tujuan secara penuh. Langkah terakhir dalam proses analisis instruksional adalah untuk menentukan keterampilan, pengetahuan, dan sikap apa, yang dikenal sebagai keterampilan masuk, dibutuhkan oleh peserta didik agar sukses dalam pengajaran baru. Misalnya, siswa perlu mengetahui konsep radius dan diameter untuk menghitung daerah dan lingkar lingkaran, sehingga konsep tersebut akan menjadi keterampilan masuk untuk pengajaran pada area komputasi dan keliling. 

Analisis Peserta didik dan Konteks 
     Selain menganalisis tujuan instruksional, ada analisis paralel tentang peserta didik, konteks di mana mereka akan mempelajari keterampilan, dan konteks di mana mereka akan menggunakannya. Keterampilan, preferensi, dan sikap siswa saat ini ditentukan bersamaan dengan karakteristik setting instruksional dan setting di mana keterampilan akhirnya akan digunakan. Informasi penting ini membentuk sejumlah langkah sukses dalam model, terutama strategi instruksional. 

Tuliskan Tujuan Kinerja 
     Berdasarkan analisis instruksional dan deskripsi keterampilan masuk, Anda menulis pernyataan spesifik tentang apa yang dapat dilakukan peserta didik saat mereka menyelesaikan instruksi. Pernyataan-pernyataan ini, yang berasal dari keterampilan yang diidentifikasi dalam analisis instruksional, mengidentifikasi keterampilan yang harus dipelajari, kondisi di mana keterampilan akan ditunjukkan, dan kriteria untuk keberhasilan kinerja. 

Kembangkan Instrumen Penilaian 
      Berdasarkan tujuan yang telah Anda tulis, Anda mengembangkan penilaian yang sejajar dan mengukur kemampuan peserta didik untuk melakukan apa yang Anda jelaskan dalam tujuan. Penekanan utama ditempatkan pada keterkaitan jenis keterampilan yang dijelaskan dalam tujuan memenuhi persyaratan penilaian. Rentang kemungkinan penilaian untuk menilai pencapaian peserta didik terhadap keterampilan kritis sepanjang waktu mencakup tes objektif, pertunjukan langsung, ukuran pembentukan sikap, dan portofolio yang merupakan koleksi penilaian objektif dan alternatif. 

Kembangkan Strategi Instruksional 
     Berdasarkan informasi dari lima langkah sebelumnya, Anda kemudian mengidentifikasi strategi tersebut untuk digunakan dalam instruksi Anda untuk mencapai tujuan. Strategi ini akan menekankan komponen untuk mendorong pembelajaran siswa termasuk kegiatan preinstructional seperti merangsang motivasi dan memusatkan perhatian, presentasi konten baru dengan contoh dan demonstrasi, partisipasi dan penilaian peserta didik yang aktif, dan tindak lanjut kegiatan yang menghubungkan keterampilan yang baru dipelajari dengan aplikasi realworld. Strategi tersebut akan didasarkan pada teori pembelajaran saat ini dan hasil penelitian pembelajaran karakteristik media yang akan digunakan untuk melibatkan peserta didik, konten yang akan diajarkan, dan karakteristik peserta didik yang akan berpartisipasi dalam pengajaran. Fitur ini digunakan untuk mengembangkan atau memilih materi dan merencanakan kegiatan instruksional. 
Kembangkan dan Pilih Bahan Ajar 
     Pada langkah ini Anda menggunakan strategi instruksional untuk menghasilkan instruksi. Ini biasanya mencakup panduan bagi peserta didik, bahan ajar, dan penilaian. (Dalam menggunakan istilah bahan ajar, kami menyertakan semua bentuk instruksi seperti panduan instruktur, daftar bacaan siswa, presentasi PowerPoint, studi kasus, video, podcast, format multimedia berbasis komputer, dan halaman web untuk pembelajaran jarak jauh.) Keputusan untuk mengembangkan yang asli Bahan akan tergantung pada jenis hasil belajar, ketersediaan materi relevan yang ada, dan sumber pengembangan yang tersedia bagi Anda. Kriteria untuk memilih dari antara bahan yang ada juga disediakan. 

Merancang dan Melakukan Formatif Evaluasi Instruksi 
     Setelah menyelesaikan draf instruksi, serangkaian evaluasi dilakukan untuk mengumpulkan data yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah dengan instruksi atau kesempatan untuk membuat instruksi menjadi lebih baik. Jenis evaluasi ini disebut formatif karena tujuannya adalah untuk membantu menciptakan dan memperbaiki proses dan produk instruksional. Ketiga jenis evaluasi formatif tersebut disebut sebagai evaluasi satu-ke-satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Setiap jenis evaluasi memberi perancang sejumlah informasi berbeda yang dapat digunakan untuk memperbaiki pengajaran. Teknik serupa dapat diterapkan pada evaluasi formatif bahan yang ada atau instruksi kelas. 

Merevisi Instruksi 
     Langkah terakhir dalam proses perancangan dan pengembangan (dan langkah pertama dalam siklus berulang) adalah merevisi instruksi. Data dari evaluasi formatif diringkas dan diinterpretasikan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam mencapai tujuan dan untuk menghubungkan kesulitan ini dengan kekurangan spesifik dalam pengajaran. Garis putus-putus pada gambar di awal bab ini berlabel "Revise Instruction" menunjukkan bahwa data dari evaluasi formatif tidak hanya digunakan untuk merevisi instruksi itu sendiri, namun digunakan untuk menguji kembali keabsahan analisis instruksional dan asumsi tentang Keterampilan masuk dan karakteristik peserta didik. Mungkin perlu untuk menguji kembali pernyataan tujuan kinerja dan item uji berdasarkan data yang dikumpulkan. Strategi instruksional ditinjau dan akhirnya semua pertimbangan dimasukkan ke dalam revisi instruksi untuk membuatnya menjadi pengalaman pembelajaran yang lebih efektif. Dalam prakteknya, seorang perancang tidak menunggu untuk mulai merevisi sampai semua pekerjaan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi selesai; Sebaliknya, perancang terus melakukan revisi pada langkah sebelumnya berdasarkan apa yang telah dipelajari dalam langkah selanjutnya. Revisi bukanlah kejadian diskrit yang terjadi pada akhir proses ID, namun proses penggunaan informasi yang terus berlanjut untuk menilai kembali asumsi dan keputusan. 

Merancang dan melakukan evaluasi sumatif 
     Meskipun evaluasi sumatif adalah evaluasi puncak efektivitas pengajaran, namun pada umumnya bukan merupakan Bagian dari Proses Perancangan. Ini adalah evaluasi nilai absolut atau relatif dari instruksi dan hanya terjadi setelah instruksi dievaluasi secara format dan direvisi secara memadai untuk memenuhi standar perancang. Karena evaluasi sumatif biasanya tidak dilakukan oleh perancang instruksi melainkan oleh evaluator independen, komponen ini tidak dianggap sebagai bagian integral dari proses perancangan instruksional.
Prosedur yang digunakan untuk evaluasi sumatif mendapat perhatian lebih saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan perhatian ini karena ketertarikan pada efektivitas pengajaran berbasis web di seluruh organisasi, negara bagian, dan negara. Misalnya, akankah instruksi berbasis web dikembangkan untuk pelajar di Utah, yang sangat mudah dibawa secara elektronik, menjadi efektif bagi siswa di Karibia atau China? Apa yang akan para ahli dalam belajar menyimpulkan tentang strategi instruksional dengan materi yang sangat menarik yang dikembangkan "dunia yang jauh"? Persyaratan seperti verifikasi pembelajar terhadap efektivitas bahan dan jaminan efektivitas bahan telah muncul kembali sekarang karena transportabilitas material jauh lebih ekonomis dan mudah dilakukan.
 
Sembilan langkah dasar mewakili prosedur yang digunakan saat menggunakan pendekatan sistem untuk merancang instruksi. Rangkaian prosedur ini disebut sebagai pendekatan sistem karena terdiri dari komponen interaksi yang bersama-sama menghasilkan instruksi untuk memenuhi kebutuhan yang dinyatakan dalam suatu tujuan. Data dikumpulkan mengenai keefektifan sistem sehingga produk akhir dapat ditingkatkan sampai mencapai tingkat kualitas yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konsep dan Komponen Modul Ajar

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembela...